Gawat! 50 Hektar Lahan di Rohul Terbakar, Api Sulit Dipadamkan

Gawat! 50 Hektar Lahan di Rohul Terbakar, Api Sulit Dipadamkan
Karhutla di Rohul (foto: istimewa)

iniriau.com,ROHUL- Sekitar 50 hektar lahan di  di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sabtu (9/7/2022) terbakar. Bahkan api hingga kini terus meluas menghanguskan hutan tersebut.

Menurut Serda Dedy Nofery Samosir, seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 02/Rambah, Kodim 0313/KPR, kebakaran diketahui   melalui pantauan aplikasi satelit Lapan dan aplikasi Dashboard Lancang Kuning,
pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB. Tim langsung turun begitu titik api terpantau dari aplikasi. Mulai dari Babinsa, TNI Koramil 02/Rambah bersama Polri dan BPBD Rohul langsung menuju lokasi. Sampai di lokasi ditemukan titik api dan kami langsung melakukan pemadaman.

"Namun sayangnya api masih sulit dipadamkan. Karena karena tidak ada sumber air. Akses ke lokasi juga ekstrem," ujar Dedy, Sabtu (9/7/2022).

Sebab, lokasi kebakaran berada di areal perbukitan tanah mineral, jadi sumber air sulit ditemukan.  Namun petugas memadamkan api hanya menggunakan ranting kayu. Sementara kebakaran terus meluas.

"Lahan yang terbakar ada sekitar 50 hektar. Sampai saat ini pemadaman masih terus kami lakukan secara manual pakai ranting pohon," tutup Dedy.**

 

Berita Lainnya

Index