Ketinggian Air Nyaris 1 Meter, Akses Jalan Sontang Batas Duri Putus

Ketinggian Air Nyaris 1 Meter, Akses Jalan Sontang Batas Duri Putus
Banjir rendam rumah warga di Rohil (foto: istimewa

iniriau.com, ROHUL - Hingga saat ini banjir masih mengepung sejumlah wilayah di Riau. Diantaranya Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) banjir terjadi akibat luapan air Sungai Batang Lubuh merendam rumah penduduk dan ruas jalan provinsi di Kecamatan Kepenuhan, Jumat (29/12/2023).

Akibatnya arus lalulintas dari Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan menuju Kecamatan Bonai Darussalam terputus. Pasalnya banjir dengan ketinggian air sekitar 30-80 sentimeter, telah merendam badan ruas jalan provinsi tepatnya di Desa Kepenuhan Timur.

Sementara arus lalulintas dari Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam menuju Batas Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis telah hampir satu bulan, arus lalulintas terputus maupun arah sebaliknya dari Duri menuju Kecamatan Bonai Darussalam.

Menurut Kalaksa BPBD Rohul Zuljandri SSi MM Jumat (29/12) pergeseran banjir dari luapan air Sungai Batang Lubuh yang telah surut di Kecamatan Rambah dan Rambah Hilir, kini  merendam tujuh desa dan kelurahan di Kecamatan Kepenuhan. Genangan air tersebut telah merendam sejumlah titik ruas jalan provinsi. Tepatnya di Desa Kepenuhan Timur sejak Jumat (29/12) siang. Hingga menyebabkan arus lalulintas menuju Kecamatan Bonai Darussalam tidak bisa ditempuh oleh kendaraan bermotor akibat banjir yang cukup tinggi di jalan provinsi.

‘’Jalan lintas provinsi dari Kecamatan Kepenuhan menuju Kecamatan Bonai Darussalam terputus sejak Jumat petang akibat pergeseran banjir dari luapan air Sungai Batang Lubuh yang mengalir dari Kecamatan Rambah Hilir yang telah surut menuju Kecamatan Kepenuhan Hulu dan Kepenuhan,’’ jelasnya, Jumat (29/12/2023).

Diakuinya, terputusnya arus lalulintas ruas jalan provinsi di Kecamatan Kepenuhan itu akibat banjir yang terjadi di Dusun Pasir Pandak, Desa Kepenuhan Timur dan Dusun Kasimang Desa Kepenuhan Hilir yang merendam badan jalan.

‘’ Informasi yang kita terima dari masyarakat, air sudah mau menyentuh atap rumah warga di Pasir Pandak, Desa Kepenuhan Timur. Warga yang terdampak banjir mengungsi ke rumah tetangga dan kerabat yang berada di daerah tinggi tak terjangkau air,’’ katanya.

Selain Desa Kepenuhan Timur dan Kepenuhan Hilir, banjir juga merendam rumah penduduk dan ruas jalan di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Desa Kepenuhan Barat, Kepenuhan Barat Sungai Rokan Jaya, Desa Ulak Patian, dan Desa Rantau Binuang Sakti.

‘’Kami belum dapatkan data rumah warga yang terdampak banjir. Karena baru hari ini (kemarin, red), pergeseran luapan air Sungai Batang Lubuh yang bertambah naik di Kecamatan Kepenuhan. Sehari sebelumnya, Kamis (28/12), banjir merendam tiga desa yakni Kepenuhan Barat, Kepenuhan Barat Sungai Rokan Jaya dan Kelurahan Kepenuhan Tengah,’’tutupnya.**
 

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index