12 Rabiul Awwal 1443 H | Selasa, 19 Oktober 2021
Ini Alasan Leani Ratri Oktila Ingin Bangun GOR Bulu Tangkis di Solo
olahraga | Senin, 20 September 2021
Editor : Betty Ismail | Reporter : NN

Leani Ratri Oktila - ist

iniriau.com, PEKANBARU - Leani Ratri Oktila, atlet penyandang disabilitas yang kini dijuluki sebagai "Ratu Para-Badminton", berkat pencapaiannya di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Leani Ratri Oktila meraih prestasi gemilang dengan mempersembahkan dua medali emas dan satu medali perak untuk Indonesia, dari cabang olahraga bulu tangkis. Ia bertekat akan membangun Gedung Olahraga (GOR), bagi penyandang disabilitas dan non para atlet, di Solo, Jawa Tengah. 

Pembangunan GOR Bulutangkis di Solo tersebut setelah dirinya menerima bonus dari Presiden RI Joko Widodo sebesar Rp13,5 Miliar. Ditambah lagi dari Pemerintah provinsi Riau, sebesar Rp1 Miliar. Sehingga total bonus yang diterima sebesar Rp14,5 Miliar. 

Leani usai menerima bonus dari Gubernur Riau mengatakan, bonus yang diterimanya tidak hanya digunakan untuk dirinya sendiri, tapi juga bagi orangtua dan keluarganya. Termasuk bagi para atlet. Ia juga akan menggunakan  bonusnya untuk membangun GOR Bulutangkis, di Solo, sebagai bentuk perhatiannya bagi atlet para-badminton. 

“Untuk pembangunan GOR adalah keinginan saya. Gor yang saya bangun ini untuk atlet non para dan terkusus bagi atlet kursi roda. Karena selama ini jangankan untuk di Riau, seluruh Indonesia kita kesulitan untuk atlet disabilitas. Kenapa keinginan saya di Solo, karena saya Pelatnas selalu di Solo,” kata Leani.

Dijelaskan Leani, mengapa ia tidak membangun Gor di Riau atau tempat tanah kelahirannya, Kabupaten Kampar. Karena ia selama ini menjalani latihan bersama tim Pelatnas di Solo. Namun ia berharap juga ada dibangun di Kampar, tapi anggarannya dari Pemerintah Kabupaten Kampar. 

“Di Solo itu saya melihat selalu kesulitan, kalau Kabupaten saya di Kampar, keinginan saya dan orangtua itu besar disana dan banyak atlet-atlet bertalenta disana. Untuk membangun saat ini saya bisa dari bonus pak Gubernur dan Pak Presiden. Dan suatu kebanggaan tersendiri buat saya, kenginan membuat Gor tapi dibantu oleh Pemerintah,” jelas Leani.

Sebagai atlet yang besar di Riau bersama NPC. Leani tetap akan membela Riau pada perhelatan Paralimpian di Provinsi Papua mendatang. Ia tidak akan pensiun dari olahraga para- bulutangkis selam masih bisa berolahraga.

“Untuk saat ini saya masih bermain dan saya belum ada mengatakan untuk pensiun, dan saya akan tetap membela Riau,” tegasnya.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis