Satu-satunya yang Cairkan Kerjasama Jelang Lebaran, FPR Apresiasi Diskominfotiks Rohil

Satu-satunya yang Cairkan Kerjasama Jelang Lebaran, FPR Apresiasi Diskominfotiks Rohil
Saat pengurusan kerja sama di Diskominfotiks Rohil. Aplikasi SiMatrik berjalan sukses.

Iniriau.com, Rohil  -  Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian ( Diskominfotiks ) Rokan Hilir merupakan satu-satunya pemerintah daerah di Riau yang menyelesaikan pembayaran kerjasama penerbitan publikasi dengan media menjelang lebaran Idul Fitri lalu. Kecepatan dan kemudahan bekerja sama dengan Dinas Kominfotiks Rohil itu mendapat apresiasi dari Ketua Forum Pemred (FPR) Riau, Rahmad Handayani.

Rahmad Handayani merasa perlu memberikan apresiasi itu karena hampir semua pemerintah daerah di Riau belum menuntaskan pembayaran kerja sama dengan media, meski pekerjaan sudah selesai dilakukan berbulan-bulan.

"Ini membuat bisnis media setidaknya tidak terlalu kepayahan. Teman-teman media bisa sedikit bernafas di hari raya ini, " ujar Rahmad, Rabu (4/5).

Keberhasil proses cepat Diskominfotiks Rohil ini tidak terlepas dari keberhasilan program  SiMatrik (Sistem Informasi Media Elektronik) yang diterapkan dalam pelaksanaan kerja sama.

"Kita apresiasi kinerja Diskominfotiks Rohil yang cepat hingga teman-teman media bisa tersenyum menghadapi lebaran Idul Fitri ini," ujar Rachmad.

Kinerja Diskominfotiks Rohil ini menurut Rahmad tak terlepas dari peran serta Bupati Rokan Hilir Bapak Afrizal Sintong, seperti yang diungkap Kadiskominfotiks Rokan Hilir (Rohil) Indra Gunawan, SE saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Rabu (4/05/22).

Indra Gunawan menjelaskan bahwa semua program ini berhasil berkat teman-teman media yang sudah mau bekerjasama dengan baik dan juga dukungan Bupati Afrizal Sintong.

" Alhamdulillah, keberhasilan ini tak terlepas dari dukungan bapak bupati dan juga peran serta teman-teman wartawan yg sigap untuk berkomunikasi dengan kami dan pimpinan mediannya. Jadi sistem aplikasi ini bisa berjalan sukses. Kedepan kita akan terus melakukan perbaikan terhadap aplikasi ini agar lebih praktis dan efektif serta akuntabel dalam penggunaannya, " ungkap Indra sapaan akrabnya kepada rekan media.

Pemkab Tak Bayar Kerja Sama

Rahmad mengakui ada juga  pemerintah kabupaten dan Sekretariat DPRD yang tidak menyelesaikan pembayaran kerjasama publikasi dengan media, bahkan hingga lewat tahun. Seperti Diskominfotiks Indragiri Hilir yang tidak menyelesaikan seluruh pembayaran kerja sama  dengan media. 

"Hampir seluruh teman-teman media mengeluhkan hanya sebagian kecil dari nilai kontrak yang dibayar oleh Diskominfotiks Inhil pada kerjasama TA 2021 lalu. Padahal rekan media sudah menyelesaikan pekerjaan sesuai yang tertuang dalam kontrak ," ujar Rahmad prihatin.

Alasan pihak Diskominfotiks Inhil macam-macam, ada karena anggaran tidak dan ada juga karena alasan lain. 

"Terus terang saya prihatin kok ada pemkab yang begitu, saya harap Bapak Bupati Wardan mau turun tangan soal ini," ujar Rahmad.

Terakhir  Ketua FPR, berharap pemerintah daerah bisa memberi kemudahan bagi  media dalam proses pengurusan kerjasama publikasi, seperti yang dilakukan oleh Kabupaten Rohil.

Ia berharap kedepan kalau memungkinkan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian ( Diskominfotiks ) Kabupaten Rohil bisa menambah anggaran publikasi media, agar bisnis media bergairah kembali. **

Berita Lainnya

Index