Negeri Kelantan Promosikan Potensi Wisata pada Travel Agen di Riau

Negeri Kelantan Promosikan Potensi Wisata pada Travel Agen di Riau
Pengerusi Jawatankuasa Pelancongan, Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Negeri Kelantan Malaysia, Datuk Kamarudin Md Nor bertemu dengan puluhan travel agen lokal di Riau (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Pengerusi Jawatankuasa Pelancongan, Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Negeri Kelantan Malaysia, Datuk Kamarudin Md Nor bertemu dengan puluhan travel agen lokal di Riau. Pertemuan itu berlangsung di Jatra Hotel, Minggu (28/4/24).

Menurut Kamarudin, pertemuan dengan travel agen lokal Riau merupakan pertama kali dilakukan  pihaknya dalam rangka promosi destinasi wisata di salah satu negara bagian negara jiran ini. Diharapkan ini dapat berdampak positif dalam hal pelancongan. Kawasan Sumatera, salah satunya Riau targetnya.

"Ini usaha pertama kita lakukan dalam usaha mempromosikan Kelantan dalam rangka pelancongan yang unggul. Melihat pada sambutan, ia-nya sangat menggalakan," kata 
Datuk Kamarudin.

Menurutnya, Negeri Kelantan banyak menyimpan destinasi menarik untuk didatangi pelancong luar negeri. Keindahan alam mulai dari pantai, perbukitan. Kultur masyarakat dan ragam budaya masih terjaga. Daerah ini juga dikenal sebagai penghasil kerajinan pakaian masih dipertahankan.

"Kita punya budaya masih diamalkan. Jadi masih dalam kebiasaan kehidupan masyarakat di Kelantan. Maklumat dari Sumatera Timur khususnya Riau ini, Kelantan ini terlepas pandang. Karena itu usaha kita hari ini Kelantan bisa menjadi tujuan pelancongan," papar Datuk Kamarudin.

Menyinggung jumlah kunjungan wisata di Kelantan, dari Indonesia khususnya Riau, Datuk Kamarudin menyebutkan belum ada data pasti. Kecuali dari Jakarta dan Medan.

"Setakad ini saya diberi maklum, belum ada catatan dari Riau. Yang ada daripada Medan,  Jakarta ade, tapi tak ramai. Padahal banyak tempat pelancongan yang boleh kita banggakan. Karena itu, elok kita beri ruang berwisata ke Kelantan," ujar Datuk Kamarudin.

Ketua DPD Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Riau, Harpina Dian Sari, sebanyak 45 travel agent hadir pada pertemuan ini. Para pengusaha travel agent lokal mendukung usaha promosi wisata dari Negeri Kelantan tersebut.

Karena itu, para pemilik travel agent yang hadir siap membantu, bekerjasama dengan harapan ke depan ada usaha promosi yang sama dilakukan Negeri Kelantan ke Riau.

"Ini usaha mempromosikan visit Kelantan 2024. Setelah di Pekanbaru, mereka juga akan mempromosikan program visit mereka ke Bukittinggi. Harapan kita tentu tak hanya mereka, Riau juga berdampak positif dari feed back yang mereka lakukan," harap Dian Sari.

Disampaikan, pihak dari Kelantan berjanji jika sambutan wisatawan dari Riau antusias, akan ada flight khusus penerbangan dari Kelantan ke Pekanbaru. Hal ini sebagai bentuk layanan mempermudah dari sisi transfortasi udara.

Namun begitu menurut Dian lagi, diharapkan pihak berwenang terutama dalam hal pariwisata akan membantu bisa membantu penjemputan dari Kuala Lumpur menuju Kelantan.

"Harapan kami mereka sudah mengakomodir penjemputan dari Kuala Lumpur menuju Kelantan. Karena domestik flight belum ada, takutnya belum konek, kemungkinan lewat darat. Sehingga ada banyak destinasi wisata yang bisa dilihat menjelang Kelantan," harap Dian Sari.**

#Wisata

Index

Berita Lainnya

Index