14 Jumadil Awwal 1444 H | Kamis, 8 Desember 2022
Cara Mengetahui WhatsApp Anda Disadap, Ini Tanda-Tandanya
kolom | Senin, 14 November 2022
Editor : Betty Ismail | Reporter : -

Ilustrasi-internet

iniriau.com, JAKARTA - Menjaga keamanan data dan akun pribadi tentu menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan di era informatika seperti saat ini. Bukan tanpa alasan, kini telah banyak kasus peretasan yang dilakukan oleh oknum tertentu untuk memperoleh keuntungan. Dalam hal ini, oknum yang melakukan peretasan akan memperoleh data dan bisa menjual kepada pihak lain atau menggunakannya untuk tujuan tertentu.

Kasus peretasan ini bisa terjadi di mana saja. Baik peretasan yang terjadi pada data instansi pemerintah, bank, lembaga pendidikan, atau bisa juga peretasan yang terjadi pada akun pribadi seperti media sosial atau aplikasi chatting seperti WhatsApp (WA).

Bahkan terdapat beberapa kasus di mana akun WhatsApp mengalami penyadapan. Di mana seseorang mendapatkan akses secara ilegal dan menggunakan akun tanpa sepengetahuan pemilik.

Dalam hal ini, terdapat beberapa cara mengetahui WA disadap. Biasanya akun WA yang disadap tidak dapat melakukan beberapa perintah seperti tidak bisa login, tidak bisa melakukan panggilan, hingga pesan yang terbaca padahal sama sekali belum dibuka. Beberapa tanda-tanda ini perlu diperhatikan, sehingga Anda bisa mengetahui apakah akun WhatsApp telah disadap atau tidak.


Jika Anda yang belum pernah mengalami hal ini, penting untuk memahami cara mengetahui WA disadap. Melansir dari Liputan6.com, berikut kami rangkum beberapa cara mengetahui WA disadap dan berbagai macam tandanya yang perlu Anda perhatikan.

Cara mengetahui WA disadap yang pertama dapat dilihat dari kesulitan melakukan login. Biasanya akun WA yang disadap membuat pengguna mengalami kesulitan melakukan login atau masuk pada akun yang dimiliki.

Sebab, satu nomor telepon hanya bisa dipakai satu aplikasi WA saja. Jika aplikasi WhatsApp tiba-tiba keluar atau log out tanpa disadari, kemungkinan terdapat pihak lain yang sedang memakai nomor telepon Anda.

Untuk bisa melakukan login WhatsApp, biasanya akan diberi kode one time atau OTP yang dikirim pada nomor telepon tersebut. Dengan begitu, jangan pernah memberikan kode OTP pada siapa pun. Namun ketika nomor telepon telah digandakan, kemungkinan peretas dapat membuka pesan berisi OTP tersebut.

Tidak Bisa Melakukan Panggilan Telepon WhatsApp

Cara mengetahui WA disadap berikutnya dengan mengecek apakah masih dapat melakukan panggilan telepon atau tidak. Biasanya akun WA yang disadap tidak bisa melakukan panggilan telepon via WhatsApp.

Sehingga jika Anda tidak bisa menelepon kontak dalam akun WhatsApp, kemungkinan ada pihak lain yang sedang menggunakan nomor telepon Anda tanpa sepengetahuan. Ini menjadi salah satu tanda yang bisa Anda perhatikan untuk memastikan apakah akun WhatsApp yang dimiliki disadap atau tidak.

Cek Melalui WhatsApp Web

Cara mengetahui WA disadap selanjutnya bisa dilakukan dengan melakukan cek melalui WhatsApp Web. Melalui WhatsApp Web, Anda bisa membuka akun WA melalui browser laptop atau komputer. Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp disadap, Anda bisa membuka Setting pada tanda titik tiga di kanan atas, kemudian pilih WhatsApp Web.

Setelah itu, jika Anda menemukan aktivitas login dengan perangkat yang tidak dikenal dan lokasi tidak dikenal pula, maka segera lakukan logout dari semua perangkat. Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS, caranya dengan klik Setting di kanan bawah, kemudian pilih WhatsApp Web dan cek perangkat terhubung. Jika perangkat tersebut tidak dikenal, segera pilih logout dari semua perangkat.

Pesan Terbaca Padahal Tidak Dibuka

Pesan terbaca padahal Anda tidak membuka juga menjadi salah satu tanda atau cara mengetahui WA disadap. Jika Anda menemukan pesan masuk yang telah dibaca padahal Anda tidak membukanya, kemungkinan terdapat pihak lain yang sedang menggunakan atau mengakses akun WA Anda.

Hal ini bisa dengan mudah diperhatikan, jika Anda mengaktifkan tanda centang dua berwarna biru pada pesan yang telah dibaca. Namun jika Anda tidak mengaktifkannya, Anda akan sulit mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Meskipun begitu, Anda masih bisa memperhatikan tanda angka pada notifikasi WhatsApp. Jika Anda belum membuka pesan namun angka pada notifikasi pesan WhatsApp hilang, kemungkinan pesan tersebut telah dibaca oleh pihak lain tanpa Anda sadari.

Pengiriman Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Cara mengetahui WA disadap berikutnya dengan memperhatikan adanya aktivitas pengiriman pesan tanpa disadari. Ketika Anda membuka aplikasi, kemudian terdapat pesan yang dikirimkan tanpa sepengetahuan Anda, kemungkinan terdapat pihak lain yang sedang mengakses akun WhatsApp Anda. Ini juga termasuk salah satu tanda yang perlu diperhatikan untuk memastikan apakah akun WhatsApp disadap atau tidak.

Baterai Cepat Habis

Cara mengetahui WA disadap yang terakhir namun tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah baterai cepat habis. Baterai perangkat yang cepat habis atau terkuras juga bisa menjadi indikasi bahwa aplikasi WhatsApp Anda sedang disadap oleh pihak lain.

Dalam hal ini, bisa saja tanda baterai cepat habis disebabkan karena salah satu aplikasi terus bekerja meskipun pengguna sedang tidak membukanya. Jika Anda mengalami hal ini, terdapat kemungkinan bahwa salah satu akun aplikasi Anda sedang disadap, termasuk di dalamnya WhatsApp.**

Sumber: Merdeka.com

 


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis