Syamsudin Uti Diminta Jadikan KBB Riau Sebagai Perekat Masyarakat Banjar

Syamsudin Uti Diminta Jadikan KBB Riau Sebagai Perekat Masyarakat Banjar
Pelantikan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (PW - KBB) Provinsi Riau (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Pelantikan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (PW - KBB) Provinsi Riau digelar di Balai Ndang Merdu Gedung Bank Riau Kepri Syariah (BRKS), Sabtu (22/7/23).

Seremonial pelantikan dihadiri sekaligus dikukuhkan Ketua Umum Pengurus Pusat KBB (Ketum PP KB Dr (HC) H Sahbirin Noor Sahbirin yang lebih dikenal dengan paman Birin. Beliau juga merupakan Gubernur Kalimantan Selatan.

Turut hadir Gubernur Riau Syamsuar diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Riau Helmi. Kemudian Wakil Ketua DPRD Riau H Agung Nugroho, Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, Penjabat (Pj) Bupati Kampar Firdaus, Bupati Siak Alfedri, Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi, Ketua PB NU Riau Rusli Ahmad.

Pelantikan PW KBB Riau sisa masa Bhakti 2022-2025 ini dinahkodai oleh Syamsudin Uti yang juga Wakil Bupati Inhil. Sekretaris Indrawasyah Syarkowi serta bendahara Junaidi.

Ketua PP KBB H Sahbirin Noor dalam sambutannya berharap melalui kepengurusan wadah paguyuban Banjar ini dapat menjadi wadah sebagai perekat para bubuhan (keluarga) Banjar di Riau.

Kebersamaan, merasa senasib sepenanggungan saling bahu-membahu kunci untuk maju. KBB Riau juga diingatkan untuk terus melestarikan nilai-nilai masyarakat Banjar yang religius serta pandai pandai menempatkan diri dimana pun berada.

"Kita masyarakat Banjar termasuk masyarakat perantau. Tidak hanya di Riau masyarakat Banjar tersebar di banyak daerah  bahkan di Malaysia. Untuk itu, dengan hajatan ini kita ingin merekatkan bubuhan Banjar maju bersama masyarakat tempatan di bumi Melayu Riau," papar Sahbirin.

Sementara itu, Syamsuddin Uti menyatakan siap mengemban amanah sebagai Ketum PW KBB Riau. Syamsudin juga menyampaikan apresiasinya atas masyarakat Banjar yang datang dengan antusias dari berbagai daerah di Riau. Menurutnya, hal ini sekaligus sebagai simbol kekompakan.

"Saya mengucapkan terimakasih atas perhatian dari seluruh warga Banjar di Riau yang telah hadir malam ini dari berbagai daerah di Riau," ungkapnya.

Masyarakat Banjar di Riau sudah lama berimigran tanah Melayu ini. Terbanyak berdomisili di Kabupaten Inhil dengan berbagai latar belakang sosial.

"Kita tinggal dan katar belakang berbeda. Tapi yang jelas kita hari ini kita adalah orang Banjar. Bergerak maju dimana pun berada," ujar Syamsudin.

Sempena ini juga dilakukan pelantikan Pengurus Wilayah Ikatan Wanita Bubuhan Banjar Riau (PW IWABBRI), Pengurus Wilayah Pemuda, Pelajar Mahasiswa Bubuhan Banjar Riau (PW Hippmabari). Kemudian Pelantikan Pengurus Daerah (PD) KBB Kota Pekanbaru, Kampar dan Rokan Hulu. Pelantikan langsung dipimpin oleh  Ketum PW KBB Riau Syamsuddin Uti.

Masih ditempat yang sama, Bupati Inhil HM Wardan juga menerima penghargaan dan tanjak halang maulak halar serta cendramata dari Ketum PP KBB Sahbirin Noor.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index