Riau Dikelilingi 51 Titik Panas, Terbanyak di Pelalawan

Riau Dikelilingi 51 Titik Panas, Terbanyak di Pelalawan
Ilustrasi karhutla di Riau (foto:net)

iniriau.com, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan tampaknya kembali marak terjadi di Sumatera termasuk Riau. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah titik panas di wilayah tersebut.

Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Kota Pekanbaru mendeteksi 119 titik panas tersebar di wilayah Sumatera, Selasa (19/3/2024). Menurut Forecaster on Duty BMKG stasiun Kota Pekanbaru, Bella ratusan titik panas tersebut tersebar sembilan provinsi. Dimana Provinsi Riau sebagai provinsi dengan penyumbang terbanyak.

"Titik panas terbanyak ada Riau dengan   51 titik," ujar Bella, Selasa (19/3/2024).

Sebanyak 51 titik panas yang ada di Riau tersebar di delapan wilayah.Titik panas terbanyak berada di kabupaten Pelalawan dengan 32 titik.

"Kabupaten Bengkalis dan Rohil masing-masing terdapat empat titik, Kota Dumai dan Inhu masing-masing tiga titik, Kampar dan Rohul masing-masing dua titik dan Kabupaten Siak sebanyak satu titik," terangnya.

Selanjutnya berada di Provinsi Sumut dengan 19 titik, Bengkulu 14 titik, Sumbar sembilan titik, Aceh tujuh titik, Jambi, Sumsel dan Kepri masing-masing enam titik. dan Babel dengan satu titik.

Sementara itu untuk suhu udara Riau hari ini mencapai 23.0-33.0 °C dengan kelembapan udara 50-99 persen dan angin yang berhembus dari arah Barat Laut-Timur dengan kecepatan 10-30 km/jam.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index