Sambut Ramadhan, Ribuan Warga Ikuti Tradisi Balimau Kasai di Teratak Buluh

Sambut Ramadhan, Ribuan Warga Ikuti Tradisi Balimau Kasai di Teratak Buluh
Tradisi Balimau Kasai di bawah jembatan Teratak Buluh Kabupaten Kampar (foto: Betty)

iniriau.com, KAMPAR - Ribuan warga tumpah ruah mengikuti acara Balimau Kasai di bawah jembatan Teratak Buluh  Senin (11/3/2024) sore. Warga tampak memadati tepian Sungai Kampar di dua desa yaitu Desa Teratak Buluh dan Desa Kampung Pinang Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar.

Pantauan iniriau.com, ribuan warga berkumpul di bawah jembatan Teratak Buluh Kabupaten Kampar untuk mengikuti dan menyaksikan acara Balimau Kasai. Tampak sejumlah pemuda berenang di Sungai Kampar yang arusnya terlihat cukup deras. Namun hal itu tidak membuat pemuda tempatan gentar. Terbukti sejumlah pemuda terjun ke Sungai Kampar dari jembatan Teratak Buluh.

Menurut salah seorang warga bernama  Ijas, pengunjung mulai berdatangan ke tepian Sungai Kampar di dua desa tersebut sejak abis Ashar. Mereka datang dari berbagai tempat termasuk dari Pekanbaru.

" Tadi abis salat Ashar sudah pada datang warga. Ada yang berjualan, ada juga yang memang mandi Balimau dan yang sekedar melihat saja," ujar Ijas pada iniriau.com.

Ijas menjelaskan kegiatan ini merupakan rutinitas setiap tahun sehari menjelang Ramadhan. Namun tahun ini antusias warga terlihat berkurang mengikuti Balimau Kasai. Hal ini disebabkan baru-baru ini terjadi banjir yang melanda sejumlah wilayah di tepian Sungai Kampar.

"Kalau dibandingkan tahun lalu sekarang agak sepi. Mungkin karena baru-baru ini banjir, sehingga antusias warga berkurang," terangnya.

Tradisi Balimau Kasak ini dilaksanakan sehari sebelum puasa. Karena tahun 2024, pemerintah menetapkan 1 Ramadan pada 12 Maret, maka pelaksanaan Balimau Kasai dilakukan pada 11 Maret. Balimau Kasai merupakan upacara adat spesial serta sakral untuk masyarakat Kampar Riau guna menyambut bulan Ramadhan.**

#Wisata

Index

Berita Lainnya

Index