Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Senapelan, Ini Harapan Ginda Burnama

Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Senapelan, Ini Harapan Ginda Burnama
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama ikut membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Senapelan bersama Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Rabu (07/02/2024).

Iniriau.com, Pekanbaru - Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama ikut membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Senapelan bersama Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Rabu (07/02).

Hadir juga di kesempatan itu, Ketua LPTQ yang juga Kepala Dinas Sosial Pekanbaru Idrus, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sarbaini, serta ratusan warga dan peserta MTQ.

"Alhamdulillah hari ini sudah dilaksanakan MTQ tingkat Kecamatan Senapelan, semoga nanti dapat melahirkan generasi yang cinta akan Alquran," Ungkap Ginda Burnama. 

Sementara itu, Pj walikota menyampaikan ada 3 makna yang dapat diambil dari pelaksanaan MTQ yang rutin digelar setiap tahunnya itu mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, hingga nasional.

Pertama, kata dia, MTQ merupakan ajang untuk menjaring qori-qoriah terbaik khususnya di tingkat kecamatan untuk bertanding di MTQ tingkat Kota Pekanbaru nanti.

Pada MTQ tingkat kota, lanjut Pj walikota, nantinya akan dilakukan seleksi lagi sehingga Kota Betuah bisa mendapatkan qori-qoriah terbaik guna dikirim pada MTQ tingkat Provinsi Riau.

"Dapat kami sampaikan, di MTQ Riau tahun 2022 kita mendapat peringkat dua dan tahun 2023 juga peringkat dua. Tahun ini, kita doakan bersama-sama, Insyaallah Pekanbaru bisa meraih juara umum," harapnya.

Kemudian makna yang kedua, terang Pj walikota, MTQ merupakan wadah syiar Alquran menuju masyarakat Pekanbaru yang Qurani. Sedangkan makna yang ketiga untuk mengajarkan warga berperilaku Qurani.

"Jadi bukan hanya mensyiarkan Alquran, tapi bagaimana masyarakat bisa berperilaku Qurani. Salah satu dari perilaku Qurani yakni mencintai kebersihan. Kebersihan ini juga sebagian dari iman," ucapnya.

"Untuk itu dengan pelaksanaan MTQ ini, mulai hari ini dan seterusnya, mari sama-sama kita jaga kebersihan. Mari kita buang sampah pada tempatnya," ajak Pj walikota menambahkan.

Selanjutnya, Pj walikota turut mengingatkan kepada dewan juri supaya profesional dan objektif memberikan penilaian. 

"Jangan karena kenal dengan peserta, lalu diberi nilai tinggi. Tapi berilah nilai secara objektif. Lalu kepada peserta, ikutilah MTQ ini dengan serius, sehingga nanti bisa terpilih mewakili Kecamatan Senapelan di MTQ tingkat kota," tutupnya. **

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index