Viral Seekor Gajah Menyeberang di Tol Pekanbaru -Dumai, BBKSDA: Itu Getar

Viral Seekor Gajah Menyeberang di Tol Pekanbaru -Dumai, BBKSDA: Itu Getar
Gajah bernama Getar menyebrangi jalan tol Permai (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Jika sebelumnya seekor gajah melintas di pemukiman warga di Rangau Duri, kini gajah menyeberangi jalur Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), persisnya di KM 81. Bahkan gajah yang belakangan diketahui bernama Getar yang melintas di jalan tol Permai itu sempat divideokan. Videonya viral di media sosial.

Menurut pihak Balai Besar Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau melalui Ujang H selaku Kabid Perlindungan Hutan, mengatakan gajah yang menyeberang tersebut berjenis kelamin jantan. Umurnya sekitar sekitar 30 sampai 35 tahun.

"Gajah tersebut bernama Getar, berjenis kelamin jantan umur 30-35 tahun,"ujar Ujang, Senin (20/11/2023).

Gajah itu, kata Ujang, bernama Getar, memiliki karakter yang sama dengan gajah Codet sering berpindah dari kantong gajah balai raja dan kantong Giam Siak.

"Diduga gajah getar baru selesai kawin di kantong gajah Giam Siak Kecil dan dalam perjalanan menuju habitatnya di Suaka Margasatwa Balai Raja," jelas Kabid.

Gajah Getar, dijelaskan Ujang memang tidak dipasang GPS karena terkadang biasanya bergerak bersama rombongan gajah seruni.

Untuk mengambil langkah solutif BBKSDA, pengelola tol dan Rimba Satwa Foundation (RSF), Himpunan Penggiat Alam (Hipam) akan mengelar rapat. Solusi yang didapat dari rapat bersama PT HK, Rimba Satwa Foundation (RSF), Himpunan Penggiat Alam (Hipam) akan dilakukan pengayaan pakan pada jalur lintasan terutama menuju lintasan terowongan dengan menanam tanaman yang disukai gajah.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemantauan melalui data GPS Collar dan upaya mitigasi. "Kami juga mendorong dibuatkan pagar pada lintasan sepanjang 4-5 km yang merupakan lokasi penyebrangan," tutup Kabid.**

 

 

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index