Ini Penjelasan BBKSDA Soal Gajah Keluyuran di Pemukiman Warga

Ini Penjelasan BBKSDA Soal Gajah Keluyuran di Pemukiman Warga
Gajah Codet berkeliaran di pemukiman warga di Duri Bengkalis (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Sepekan terakhir seekor gajah jantan yang diketahui bernama Codet berkeliaran di pemukiman warga di Kota Duri, Kabupaten Bengkalis. Bahkan video hewan bertubuh besar itu viral di media sosial usai direkam warga.

Menanggapi hal itu Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, Ujang Holisudin angkat bicara. Menurutnya meski gajah Codet keluyuran di jalanan pemukiman warga, namun tidak ada rumah dan tanaman kebun warga yang dirusak. Ujang menambahkan jika kawasan tersebut memang lintasan gajah.

"Jadi gajah Codet ini memang gajah jantan dan keberadaannya di Balai Raja merupakan bagian dari pada gajah liar di habitatnya yaitu di Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja dan sekitarnya,” terang Ujang, beberapa hari lalu.

Berdasarkan pengamatan melalui alat GPS Collar, tambah Ujang, gajah codet akan melintas tiap sekali dalam empat bulan di kawasan tersebut, karena memang jalur perlintasan gajah.

keberadaan gajah codet ini sudah beberapa kali. Tidak hanya saat ini saja dia lewat di jalanan di pemukiman warga, gajah tersebut empat bulan sekali juga melakukan penyeberangan menuju kantong gajah Giam Kecamatan Siak Kecil.

"Kita bisa lihat. Gajah ini hanya lewat, tidak ada sedikitpun dia melakukan perusakan bahkan gajah ini sering berinteraksi dengan warga di sana. Gajah ini tidak ada yang dirusak, dari hasil pendataan dan monitoring teman-teman BBKSDA Riau dan ISM RJF di kebun pun tidak banyak yang dia rusak,” pungkas Ujang

Maka dari itu warga diimbau untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu hewan dilindungi tersebut.**
 

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index