39 Hektar Lahan di Pekanbaru Terbakar, Terbanyak di Bina Widya

39 Hektar Lahan di Pekanbaru Terbakar, Terbanyak di Bina Widya
Ilustrasi karhutla (foto:net)

iniriau.com,PEKANBARU -  Sebanyak 39,9 hektar lahan di Pekanbaru terbakar. Kebakaran lahan tersebut terjadi dalam kurun waktu Januari-September 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan total kejadian karhutla di Pekanbaru sebanyak 71. Dimana paling banyak di Kecamatan Bina Widya.

" Karhutla paling banyak itu di Kecamatan Bina Widya dengan 11 kejadian kebakaran lahan dan menghanguskan  6,3 hektar lahan," ujarnya Kamis (28/9/2023).

Tim BPBD Kota Pekanbaru langsung berupaya melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar bersama instansi terkait. Proses pemadaman dibantu para personel TNI, Polri dan Manggala Agni.

Apalagi sudah ada Masyarakat Peduli Api Bertuah di wilayah rawan kebakaran lahan. Ia menyebut para relawan ini juga membantu upaya deteksi dini terhadap kebakaran lahan.

"Ini langkah antisipasi kita terhadap potensi rawan kebakaran lahan, agar tidak meluas," paparnya.

Tim BPBD Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan TNI dan Polri juga melakukan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan. Mereka memantau titik rawan kebakaran lahan

Masyarakat yang hendak membakar lahan langsung mendapat peringatan dari tim yang patroli. Pengawasan di titik rawan kebakaran lahan ini tidak hanya patroli tapi juga memberi peringatan kepada masyarakat.

Mereka mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan. "Kita ingatkan masyarakat agar tidak membakar saat hendak membuka lahan," imbaunya.**

 

 

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index