Riau di Kepung 82 Titik Panas, Terbanyak Ada di Inhu

Riau di Kepung 82 Titik Panas, Terbanyak Ada di Inhu
Ilustrasi karhutla (foto:net)

iniriau.com, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi jumlah titik panas yang tersebar di Pulau Sumatera meningkat dari hari sebelumnya. Dimana Sabtu (12/8/2023) BMKG Pekanbaru mendeteksi  hotspot di wilayah Sumatra mencapai 351 titik.

Menurut BMKG Pekanbaru, Sanya Gautami, titik panas tersebut tersebar di sembilan provinsi di Pulau Sumatera. Jumlah terbanyak berada di provinsi Sumatera Selatan 90 titik.

" Terbanyak ada di Sumsel dengan 90 titik. Kemudian diikuti Riau 82 titik, dan Bangka Belitung 72 titik. Jambi sebanyak 50 titik, Lampung 41 titik, dan Bengkulu tujuh titik. Di provinsi Kepulauan Riau juga terdapat lima hotspot. Selanjutnya di Sumatra Barat, terdeteksi ada tiga hotspot dan di Sumatra Utara satu titik," ujar  Sanya Gautami, Sabtu (12/8/2023).

Sementara Riau merupakan nomor dua terbanyak penyumbang titik.oamas hari ini setelah Sumsel. Titik panas terbanyak di Riau ada di kabupaten Indragiri Hulu, jumlahnya tembus 66 titik.

"Kemudian Pelalawan sembilan titik, Indragiri Hilir tiga titik, Kuantan Singingi dua titik, dan Rokan Hilir satu titik," jelasnya.

Masyarakat diminta untuk menjaga lingkungan dan menghindari aktivitas yang dapat memicu terjadinya terbakarnya lahan.**

 

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index