Menggunakan Mobil Listrik Bukan Pamer Kemewahan

Menggunakan Mobil Listrik Bukan Pamer Kemewahan
Johny S Mundung Tenaga Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Oleh: Johny S Mundung
Tenaga Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan



MENGUNAKAN mobil listrik sudah sebuah keharusan untuk menyelamatkan bumi ini.

Bukan untuk pamer kemewahan atau gagah-gagahan.

Ini soal pengurangan emisi karbon.

Ini soal bagaimana merawat dan mencintai lingkungan dan meyelamatkan rakyat dari bencana ekologis yang lebih dahsyat.

Saya sebagai Tenaga Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentu menyampaikan hal-hal pokok dalam menyelamatkan lingkungan hidup.

Kita punya mindset Riau Hijau.

Riau punya ide dan gagasan besar menyelamatkan lingkungan hidup yang sudah rusak parah itu dengan Visi Gubernur Riau tentang Riau Hijau.

Riau Hijau itu bukan hanya sekedar penertiban dan penanggulangan perambahan hutan di Riau saja yg gencar dilakukan Polhut bersama KLHK dan Polda Riau.

Riau Hijau bukan hanya sekedar menanam pohon di seluruh pelosok desa yg terus digesa dan dilakukan oleh Pemprov Riau.

Ini semua program penyuksesan Riau Hijau yang telah banyak dilakukan dengan sangat baik dan sudah benar.

Namun ada yang perlu lagi untuk penyelamatan kerusakan lapisan ozon itu dengan cara Pemerintah Provinsi Riau ikut andil dalam penurunan emisi karbon.

Menumbuh kembangkan  Kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan menjadi semakin besar beberapa waktu belakangan ini.

Emisi karbon atau indeks pencemaran udara akibat gas buang kendaraan bermotor semakin hari semakin tinggi.

Hal tersebut juga memengaruhi keputusan dalam memilih kendaraan, yaitu mobil listrik.

Kalau Pemprov Riau tidak memulai dari sekarang tentu akan lambat tertanam di masyarakat akan pentingnya menggunakan mobil anti emisi karbon yg disebut motor listrik atau mobil listrik ini.

Pemprov Riau menggunakan motor dan mobil Listrik adalah untuk memberikan contoh konkrit mengurangi emisi karbon dibanding bila pemprov Riau masih tetap menggunakan kendaran tinggi emisi seperti sekarang.

Kapan pemerintah harus memulainya kalau tidak sekarang?

Maka menggunakan  mobil listrik ini menjadi sangat prioritas.

Di Tanah Air sendiri, penggunaan kendaraan dengan tenaga listrik sudah kian lazim. Tapi ada beberapa hal yang harus disosialisasikan dan diketahui oleh masyarakat luas agar tidak gagal paham.

Kita harus mengetahui keunggulan dan manfaatnya terutama bagi lingkungan!

Kelebihan Mobil Listrik untuk Pengguna dan Lingkungan.

Ketahui dulu apa kelebihan mobil listrik sebelum kita memutuskan membelinya.

1. Lebih Gesit dengan Torsi Instan

Seperti yang kita ketahui, sifat mobil dengan mesin pembakaran internal sangat ramah lingkungan

Jadi mobil akan terasa begitu gesit dan lincah saat dipakai dalam kondisi stop and go. Performa laju mobil listrik ternyata sangat baik.

2. Suara Mesin Tidak Berisik

Mobil dengan daya listrik adalah suara mesinnya lebih halus, senyap, dan bebas berisik..

Dengan begitu dapat menyetir dengan lebih nyaman dan berkonsentrasi di berbagai kondisi lalu-lintas atau jalan.

Dampaknya lagi, dengan suara mesin yang lebih halus, kabin mobil juga jadi lebih tenang.

Alhasil nyaman ketika berkendara termasuk bagi penumpang lain.

Mengobrol , diskusi dan dialogpun jadi lebih mudah, atau ketika membawa penumpang anak-anak, mereka akan lebih mudah tertidur dalam kendaraan ketika perjalanan cukup panjang.

Satu kelebihan yang tak tersedia pada mobil berbahan bakar bensin/solar adalah mesin penggerak mobil nggak memicu getaran ke dalam kabin. 

3. Bayar Pajak Lebih Murah

Beberapa waktu lalu pemerintah telah menetapkan stimulus demi meningkatkan penggunaan mobil listrik. Stimulus yang dimaksud, misalnya di Jakarta, pemerintah sudah memberlakukan gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan PKB.

Ini membuat pemilik mobil listrik hanya perlu membayar 10 persen aja.

Tentu ini adalah tawaran yang menarik terutama buat  yang sudah lama mendambakan untuk membeli mobil listrik. Dengan stimulus tersebut, pemilik mobil listrik hanya perlu membayar pajak kurang dari 1 juta rupiah per tahun. Berapa besar penghematan anggaran Pemprov Riau nantinya?


4. Hemat Biaya Perawatan

Pemprov Riau justru hemat perawatan mobil seperti ganti oli, radiator, dan seterusnya. Ini mengingat onderdil-onderdil mobil listrik tidak membutuhkannya, jadi lebih praktis.

Jadi Pemerintah Provinsi Riau bisa memotong pengeluaran rutin untuk perawatan mobil, dan bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain.

5. Ramah Lingkungan

Salah satu motivasi masyarakat Indonesia untuk beralih ke mobil listrik adalah manfaat mobil listrik bagi lingkungan yang besar. 
Apa saja?

Mobil listrik memang diklaim lebih ramah lingkungan. Pasalnya, mekanisme gerak kendaraan tersebut menggunakan daya listrik pada prosesnya.

Dengan begitu, mesin tidak menghasilkan pembuangan residu emisi CO2 (karbondioksida) dan CO (karbon monoksida).
Keduanya adalah zat pencemar udara yang berpotensi meningkatkan terjadinya efek rumah kaca dan pemanasan bumi.

Karbon dioksida dan karbon monoksida juga punya efek yang berbahaya bagi kesehatan. Ini antara lain menghambat darah untuk mengikat oksigen sehingga memicu berbagai gangguan organ dalam tubuh.

Dengan memilih kendaraan listrik kamu juga turut berpartisipasi dalam penghematan sumber daya alam yang tak terbarukan, yaitu minyak bumi.

Apalagi saat ini kita semakin terancam dengan menipisnya ketersediaan minyak bumi karena jumlah manusia yang semakin banyak.

Seperti yang sudah disinggung, mesin mobil listrik tidak menimbulkan suara bising. Dengan demikian Pemprov Riau juga turut berpartisipasi untuk mengurangi polusi suara yang mengganggu dan memicu stres bagi pengguna jalan lain. 
 

6. Sekali Cas untuk Ratusan Km

Sekarang kita tak perlu beli BBM lagi kalau menggunakan mobil listrik, melainkan cukup dengan mengecas. Ini karena kendaraan listrik telah ditanamkan daya penampungan arus listrik yang besar.

Artinya kita cukup melakukan pengisian satu kali untuk menggunakannya dalam jarak jauh. Jadi tidak perlu antre panjang lagi di pom bensin dan tidak terpengaruh kalau harga BBM naik.

Untuk mengisi daya ke dalam kendaraan listrik, bisa dengan mengecasnya di rumah atau tempat-tempat pengisian baterai yang telah disediakan.

Tidak jauh berbeda dengan pom bensin biasa, nanti kita juga perlu membayar untuk mengisi daya mobil listrik di SPKLU. Salah satunya dengan menggunakan LinkAja, yaitu aplikasi dompet digital dan e-money terpercaya yang memudahkan berbagai aktivitas keuangan kamu. Jadi nggak perlu repot lagi bawa uang tunai ke mana-mana, kan?

Jadi, sebenarnya sangat banyak keunggulan kendaraan listrik ini.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index