Pasca-Serangan Udara Gas Beracun

Roket Hantam Rumah Sakit yang Rawat Korban Bom Kimia

Roket Hantam Rumah Sakit yang Rawat Korban Bom Kimia
Korban serangan bom gas beracun terpaksa dievakuasi ketika rumah sakit yang merawat mereka juga diserang roket di Suriah.

DAMASKUS – Sebuah rumah sakit di Khan Sheikhun, kota di provinsi Idlib, barat laut Suriah, dihantam roket Selasa (4/4/17) ketika para petugas medis sedang merawat para korban serangan kimia pagi harinya.

Serangan roket terhadap rumah sakit ini menghancurkan sebagian bangunannya. Roket-roket itu menghantam bangunan di  Khan Sheikhun, menyebabkan reruntuhannya menimpa tim medis ketika mereka bertungkus-lumus menyelamatkan korban serangan yang dilaporkan sudah menewaskan 100 orang dan 400 lainnya cedera.

Roket itu disasarkan ke pintu masuk rumah sakit, menyebabkan serpihannya menimpa tim medis  yang sedang membersihkan bekas-bekas zat kimia di tubuh korban.

Serangan yang terjadi Selasa pagi itu menyebabkan ratusan korban mengalami masalah pernafasan disertai muntah, pingsan dan mulut berbusa kata Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di Inggris.

Insiden serangan pengecut ini terjadi ketika Uni Eopa dan PBB sedang mengadakan KTT di Brussels, membahas masa depan Suriah dan menyorot sikap Washington mengenai Presiden Bashar al-Assad.

Dikutip AFP, pihak pemantau berkata, serangan di kawasan pemukiman di Khan Sheikhun pada awal pagi itu terjadi ketika sebuah pesawat tempur melepaskan bom yang menebarkan gas beracun.(zar)



sumber: riaupos.co

Berita Lainnya

Index