Bupati Sukiman Hadiri Pawai Taaruf dan Pembukaan MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul

Bupati Sukiman Hadiri Pawai Taaruf dan Pembukaan MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul
Bupati Rohul H Sukiman saat menghadiri Pawai Taaruf.

Iniriau.com, ROKAN HULU - Bupati Rokan Hulu H Sukiman menghadiri Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX 2019 tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang dipusatkan di Jalan Tuanku Tambusai Senin ( 8/4/2019).

Bupati Rokan Hulu, H Sukiman didampingi Ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri SH, Sekda Kabupaten Rokan Hulu, H Abdul Haris SSos, MSi, anggota DPRD Rohul, Kakanwil Kemenag Riau, Kepala TP PKK Rokan Hulu Hj Peni Herawati, Ketua Darmawanita Neti Herawati, Ketua BKMT Rohul, dan Kepala Dinas, Badan dan Kantor di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu.

Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX 2019 tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini diawali dengan pelepasan Pawai Taaruf yang diselengarakan pukul 14.00 hingga 17.15 WIB. Kegiatan dimulai di depan kantor UPTD Kecamatan Rambah Bapenda Rohul dan Finish di lokasi MTQ XIX tingkat Kabupaten Rokan Hulu di Desa Pematang Berangan. Kegiatan ini diikuti pelajar, mahasiswa, guru, perangkat desa, Tokoh Agama, PKK dan tokoh masyarakat, serta ribuan warga masyarakat dari berbagai kalangan.

Ribuan Khafilah yang mengikuti Pawai Taaruf datang dari Khafilah Rambah Hilir, Khafilah Tambusai Utara, Khafilah Rambah Samo, Khafilah Bangun Purba, Khafilah Tandun, Khafilah Bonai Darussalam, Khafilah Pagaran Tapah, Khafilah Rambah, Khafilah Kepenuhan Hulu, Khafilah Kepenuhan, Khafilah Kunto Darussalam, Khafilah Pendlian IV Koto, Khafilah Tambusai, Khafilah Rokan IV Koto, Khafilah Ujung Batu dan Khafilah Kabun.

Pelepasan Pawai Taaruf ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Bupati Rokan Hulu disusul barisan terdepan penampilan Marcing Band Gita Karya Praja Rokan Hulu.

Bupati Rokan Hulu H Sukiman dalam sambutannya menyampaikan terimakasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan MTQ XIX tahun 2019. Ia juga berharap MTQ XIX ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. "Dengan ini Mari kita jaga ketertiban supaya dari awal sampai akhir berjalan lancar dan mendapat keselamatan," katanya.

Bupati Sukiman memberikan atensi kepada warga Rohul karena antusiasnya dalam mengikuti pelaksanaan Pawai Taaruf dalam rangka memeriahkan MTQ XIX 2019. Hal ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Rohul, apalagi Rohul yang berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Setelah Pawai Taaruf, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX 2019 tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini dilanjutkan Senin malam, sekitar pukul 20.30 WIB di Astaka purna MTQ Riau dengan menggelar acara pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Rokan Hulu XIX oleh Bupati Rokan Hulu Sukiman.

Pada pembukaan ini juga dihadiri pejabat di lingkungan Pemkab Rohul. Hadir juga Gubernur Riau yang diwakili Kepala Bidang Biro Kesra Kantor Gubernur Provinsi Riau Masrul Asmi, Kakanwil Kemenag Riau yang diwakili Kabid Penazawa, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Bawaslu Riau, Kakan Kemenag Rohul, Kapolres Rokan Hulu, Kajari Pasir Pengaraian, dan Kepala Lapas Pasir Pengaraian dan Kapolres Rokan Hulu Muhammad Hasyim Risahondua SIK, MSI.

Pembukaan acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX 2019  diawali dengan perarakan barisan dari 16 Khafilah MTQ se-Rohul. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tari Tepak Sirih yang dilambangkan persembahan tari kepada tamu terhormat oleh 50 penari Binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rokan Hulu, dilanjutkan dengan pembaca Al-Quran oleh 5 orang penghafal Al-Quran, dan Doa.

Ketua Umum Panitia MTQ XIX Tahun 2019, Asisten II Ruslan malaporkan, MTQ XIX ini mengangkat tema ” Membangun Insan Qurani Menuju Syiar Islam” yang bertujuan untuk menimbulkan rasa cinta pada Al-Quran dan mengamalkannya. "Kemudian tujuannya untuk mendapatkan rahmat Allah, serta untuk mendapatkan Qori/Qoriah, Khotto/ Khottotoh, dan grup Fahmil Quran untuk utusan Rohul pada MTQ Riau Tahun 2019," tambahnya.

"Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX 2019 ini akan kita laksanakan selama 7 hari mulai tangga 8 hingga 14 April 2019 di  Lapangan Pematang Baih, Purna MTQ Riau. Dalam kegiatan ini juga akan ada cabang lomba di antaranya cabang lomba Tilawatil Quran ( Tilawah anak, Tilawah remaja, Tilawah dewasa, dan Qiroat Sabah). Cabang lomba Hifzil quran ( Tahfiz 1 juz dan Tilawah, Tahfis 5 juz dan tilawah, Tahfis 10 Juz, Tahfizh 20 Juz, dan Tahfizh 30 Juz). Cabang Lomba Khottil Quran, cabang lomba Syarhil Quran dan cabang lomba Fahmil Quran. Dengan jumlah peserta 526 orang dari 16 kecamatan. Peserta yang berprestasi dalam MTQ ini akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan piala," ungkap Ruslam.

H Sukiman Bupati Rokan Hulu mengungkapkan turut bangga kepada anak yang ikut khususnya yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Harapan beliau, kepada anak-anak daerah Rokan Hulu dengan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran ini dapat mendorong untuk memantapkan diri dalam menentukan mana yang baik dan mana yang buruk dan juga sebagai acuan untuk cinta Al-Quran serta pengamalannya, dan Syiar Islam.

Selanjutnya H Sukiman Bupati juga mengatakan para juara dalam kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX 2019 ini kedepanya akan dilatih unthk dipersiapkan ke tingkat provinsi. (Galeri/Pemkab Rohul/SyahirZ).

Berikut Galery Foto Rangkaian Kegiatan Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Rokan Hulu ke XIX Tahun 2019.

1. Laporan komandan acara oleh perwakilan Polres Rohul kepada Bupati H Sukiman, siap untuk melakukan Pawai Taaruf  Musabaqoh Tilawatil Quran XIX 2019.

laporan komandan

 

2. Doa bersama saat acara Pawai Taaruf.

Doa bersama saat acara Pawai Taaruf

3. Penampilan Marcing Band Gita Karya Praja Rokan Hulu.

Penampilan marcing band gita karya praja Rohul

 

4. Pengibaran Bendera Star Oleh Bapak Bupati H Sukiman

Pengibaran bendera star oleh bapak Bupati H Sukiman


5. Penampilan Dari Pelajar Olahraga PSI.

Penampilan dari pelajar Olahraga PSI


6. Partisipasi dari dokter kecil yang merupakan perwakilan dari SD di Rohul .

Partisipasi dari Dokter Kecil
 

7. Para Dewan Hakim dan Majlis Hakim MTQ Rohul XIX yang dilantik Senin siang di MAIC Rohul oleh Sekda Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris foto bersama.

Para Dewan Hakim dan Majlis Hakim MTQ Rohul ke XIX


8.  Malam Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran Bupati H Sukiman Kapolres Rokan Hulu Muhammad Hasyim Risahoundua SIK,MSI beserta tamu undangan.
H Sukiman dan Kapolres Rohul

 

9. Penyerahan Piala Bergilir dari daerah pemenang MTQ tahun lalu yang diserahkan Camat Rambah Fathanalia Putra SSos kepada Bupati Rohul untuk diperebutkan kembali .

Penyerahan Piala Bergilir.

10. Bupati Rohul beserta undangan menekan tombol serinai pertanda MTQ XIX Tahun 2019 dibuka.

 Bupati Rohul beserta undangan menekan tombol dibukanya MTQ
 

Berita Lainnya

Index