Lembah Harau, Salah Satu Destinasi yang Wajib Dikunjungi saat ke Sumatera Barat

Lembah Harau, Salah Satu Destinasi yang Wajib Dikunjungi saat ke Sumatera Barat
Lembah harau, Sumatera Barat

Iniriau.com - Sumatera Barat memiliki panorama alam yang memesona. Jangan lupa untuk datang ke Lembah Harau, salah satu destinasi wajibnya.

Kalau bicara Sumatera Barat atau Padang pasti yang pertama terbayangkan adalah lezatnya rendang atau jam gadang. Tapi, sepertinya Lembah Harau juga mulai mencuri perhatian masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari spanduk, web, brosur travel dan pariwisata Sumatera Barat yang kebanyakan menggunakan foto Lembah Harau. Tempat ini menjadi ikon Sumatera Barat.Lembah Harau terletak di Kampuang Sarasah, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau adalah sebuah ngarai/lembah yang diapit tebing granit terjal dengan ketinggian mencapai 150 m.

Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah.Lembah harau sangat subur dan hijau ditumbuhi pepohonan yang menjadikan tempat ini begitu asri. Udara disini juga sangat segar, sangat cocok sebagai tempat refreshing penghilang penat. Begitu indahnya tempat ini hingga banyak yang menjuluki tempat ini sebagai Yosemite-nya Indonesia karena seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di California, Amerika Serikat.Keindahan tebing disini membuat banyak pemanjat yang tertarik untuk mencobanya. Memang tebing disini sangat indah dan menantang. Selain tebing-tebing indah yang menjulang tinggi, di kawasan Lembah Harau juga terdapat banyak air terjun, 1 yang paling terkenal ialah Sarasah Bunta. Sarasah adalah sebutan air terjun di Padang, seperti halnya curug di Jawa Barat atau Coban di Jawa Timur.

Di kaki air terjun Sarasah Bunta terdapat sebuah monument peninggalan Belanda yang menjadi bukti bahwa tempat ini sudah banyak dikunjungi sejak tahun 1926.Selain air terjun Sarasah Bunta, terdapat 6 air terjun lainnya seperti Sarasah Murai, Sarasah Aka Barayun, Sarasah Aie Luluih, Sarasah Donat, Sarasah Talang dan Sarasah Aie Angek. Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda sekitar 50-90 meter. Air terjun yang mengalir diatas tebing yang membelah Lembah Harau. Air terjun yang jatuh, suara riak air, dan udara dingin terasa begitu menyegarkan. Rasanya ingin berlama-lama memandanginya. Tidak hanya itu, bermain air di bawah air terjun juga begitu menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman.Tak hanya keindahan alam yang disuguhkan Lembah Harau, mengikuti perkembangan zaman dimana sekarang banyak sekali terdapat tempat wisata selfie, atau yang sering disebut selfie spot, Lembah Harau juga ikut ambil bagian. Terdapat beberapa selfie spot yang akan membuat foto-foto traveler makin hitz.

Beberapa selfie spot yang ada seperti sarang burung, sepeda gantung, balon udara dan lain sebagainya. Sayangnya, waktu itu saya tidak sempat mencoba selfie spot tapi menikmati keindahan alamnya saja sudah bikin susah move on.Banyak juga orang yang mengabadikan foto dengan latar belakang sekolah yang berada di kawasan ini dan ternyata justru membuat foto anda akan terlihat seperti sedang berada di Eropa atau Korea. Pasir putih dan ranting pohon mati rupanya mampu menjadi aksen tersendiri. Apalagi di tempat ini juga terdapat penyewaan han bok yang akan menambah ciamik foto traveler semua.Lewat tiket.com liburan kayak gini jadi gampang banget, mulai dari beli tiket pesawat, sewa hotel sampai sewa mobil cukup dalam 1 aplikasi aja. One for everything. Harga, layanan, dan pilihannya beragam banget bisa disesuaikan dengan tipe traveling kalian. Mau pecinta alam ataupun pecinta wisata kekinian dan selfie, tempat ini wajib dikunjungi saat berkunjung ke Sumatera Barat. (irc/detik)

Berita Lainnya

Index