Serius Maju Pilkada, Baliho Afni Berserak se-Siak

Serius Maju Pilkada, Baliho Afni Berserak se-Siak
Baliho dan spanduk berbagai ukuran yang memajang foto Dr.Afni Z,M.Si bertebaran di Siak (foto: istimewa)

iniriau.com, SIAK - Tokoh perempuan Riau Dr.Afni Z,M.Si semakin menunjukkan keseriusan maju di Pilkada Siak. Baliho dan spanduk berbagai ukuran yang memajang foto putri asli kelahiran Siak Sri Indrapura ini sudah berserak alias bertebaran, mulai dari pusat kota hingga ke pelosok kampung di Negeri Istana.

"Dimana-mana kami melihat baliho dan spanduk Bu Afni saja. Sepertinya baru ini ada calon Bupati yang benar-benar serius dan niat sekali mau maju. Apalagi kabarnya akan melawan petahana," kata Sulaiman, tokoh pemuda Tualang saat ditanya awak media.

Saat ditemui di lapangan, terlihat relawan kawan kito yang menjadi pendukung Afni, masih sedang bekerja memasang beberapa baliho dan spanduk.

“Kami tidak tau jumlah pastinya. Yang kami dengar totalnya lebih dari tiga ribu titik se Kabupaten Siak. Kami hanya diminta memasang untuk wilayah Tualang sampai Sungai Mandau saja. Tiap Dapil dan kecamatan, relawannya bergerak masing-masing,” kata Jono, salah satu relawan kawan kito.

Saat dikonfirmasi, Bacalon Bupati Siak, Afni, tidak memungkiri pihaknya sedang massif melakukan sosialisasi secara visual. Harapannya bisa semakin mendekatkan diri untuk lebih dikenal masyarakat. Ia tidak membantah jika jumlah baliho, banner dan spanduknya disebut lebih 3.000 titik.

"Ya. Sekitar itulah. Saya tidak sendiri, Alhamdulillah ini benar-benar relawan yang bergerak. Pada beberapa titik strategis malah kita gak tau, eh sudah ada yang masang sendiri. Saya berterimakasih banyak pada seluruh relawan yang luar biasa bekerja siang dan malam. Saya anggap ini gerakan massif masyarakat Siak di tingkat tapak," kata Afni.

Saat ditanya perihal calon pendamping dan partai pendukung, kader Nasdem ini belum mau terlalu banyak komentar. Menurutnya hal tersebut biarlah menjadi bagian dari strategi politik.

"Lagipula masih jauh itu. Kita kerja saja agar semakin dikenal dan disayang rakyat Siak," kata alumni SMUN 1 Siak, yang juga menjabat sebagai Ketua Muslimat NU Kabupaten Siak ini.

Sebelumnya nama Afni mulai semakin menguat di berbagai lembaga survey dan polling bebas terkait Pilkada Siak. Pengamat komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Riau, Dr Adil Haris menilai tingkat ketertarikan masyarakat Siak terhadap bacalon Bupati Perempuan pertama di Siak ini terus meningkat. Fenomena ini menurutnya dapat jadi acuan sambutan positif publik pada munculnya figur baru di kancah politik.

“Dengan hasil suara yang bisa melangkaui nama-nama senior lainnya, tentu menarik disimak karena Afni terbilang pendatang baru di kancah politik praktis dan tidak sedang berkuasa di Siak tapi suaranya melejit tinggi. Menandakan bahwa kuda hitam satu ini punya magnet spesial bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Aidil, kondisi ini juga tidak terlepas dari sosok Afni yang menurutnya mampu berbaur dengan semua kalangan, dan konsisten turun ke tingkat tapak. Dengan latar belakang aktivis sekaligus jurnalis profesional, sosok Afni yang juga tercatat sebagai Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru ini jelas tak bisa dipandang remeh.

"Namanya Kuda hitam, pasti bisa memberikan efek kejut. Apalagi Afni yang sudah terkenal kiprah nyatanya sejak lama," tutupnya.*

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index