Kalahkan Golkar, Zukri Misran Bawa PDIP di Riau Juara Pemilu 2024

Kalahkan Golkar, Zukri Misran Bawa PDIP di Riau Juara Pemilu 2024
Ketua DPD PDIP Riau Zukhri Misran (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Riau dipastikan berhasil memperoleh jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ini. Kemenangan PDIP ini membuat Partai Golkar tumbang pada jabatan Ketua DPRD Riau.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau Zukhri Misran mengatakan PDIP Riau akan meraih maksimal 12 kursi di DPRD Riau. Sebab sementara dari hitungan internal di partai,  PDIP Riau sudah memperoleh 11 Kursi.

Kursi tersebut dari 8 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di tingkat provinsi. Baik Dapil Riau I dan mau pun Riau II. Jumlah perolehan 11 kursi tersebut dengan rincian yakni, Dapil Riau 1 meliputi Kota Pekanbaru dengan perolehan 1 kursi. Dapil Riau 2 meliputi Kabupaten Kampar perolehannya 1 kursi. Dapil Riau 3 meliputi Kabupaten Rokan Hulu perolehannya 1 kursi.

Dapil Riau 4, meliputi Kabupaten Rokan Hilir perolehannya 1 kursi Dapil Riau 5, meliputi Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti perolehannya 3 kursi. Dapil Riau 6, meliputi Kabupaten Siak-Pelalawan perolehannya 2 kursi.

Dapil Riau 7, meliputi Kabupaten Indragiri Hilir perolehannya 1 kursi. Dapil Riau 8 meliputi Kabupaten Indragiri Hulu, Kuantan Singingi perolehannya 1 kursi.

Bahkan untuk di tingkat Kabupaten/Kota PDIP juga menempatkan Ketua DPRD. Kabupaten kota yang berhasil mendapat kursi pimpinan tersebut diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.Sementara untuk pimpinan sebagai Wakil Ketua DPRD yakni di DPRD Kota Pekanbaru.

Zukri Misran selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Riau, mengatakan bahwa jumlah perolehan kursi tersebut diprediksi sudah sejak awal sebelum pemilu 2024 dimulai.

"Kita melakukan pemetaan secara matang dan riset secara mendalam dengan target maksimal dapat Ketua DPRD Riau dan, Alhamdulilah target tersebut tercapai berkat kerja gotong royong seluruh kader PDI Perjuangan dan simpatisan di seluruh Riau " ungkap Zukri.

Selain itu juga kata Zukri, seluruh kader partai mulai dari tingkat Kabupaten/kota hingga ranting bahkan badan dan sayap organisasi partai dikerahkan secara maksimal dan fokus bisa memenangkan partai dan Calon Presiden Ganjar-Mahfud.

"Dengan ini juga kami keluarga besar PDI Perjuangan Provinsi Riau mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Riau yang telah memberikan kepercayaannya kepada PDI Perjuangan untuk menjadi wakil-wakilnya di Parlemen.

Ketua Umum Megawati Soekarno Putri dan para pimpinan di DPP PDI Perjuangan yang terus memberikan bimbingan dan arahan kepada seluruh jajaran PDI Perjuangan Provinsi Riau.

Untuk diketahui, dengan direbutnya kursi Ketua DPRD Riau dari parlemen ini menjadi catatan sejarah bagi PDI Perjuangan Riau, karena pretasi tersebut kali pertama partai berlogo banteng moncong putih menjadi juara pada Pemilu dibawah kepemimpinan  Zukri Misran. **

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index