5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan
Ilustrasi -net

iniriau.com, JAKARTA - Flu, demam, hingga masalah pernapasan jadi lebih sering muncul saat musim hujan. Untuk itu harus selalu mewaspadai penyakit penyerta tersebut selama musim ini. Dibutuhkan langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga kesehatan selama musim hujan.

Saat musim hujan kurangnya paparan sinar matahari dapat mengurangi produksi vitamin D pada tubuh. Padahal vitamin D sangat penting untuk mendukung daya tahan tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi kuman penyebab penyakit ketika musim hujan.

Tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Kita bisa menerapkan beberapa tips kesehatan seperti yang disarankan Kementerian Kesehatan di bawah ini.

Rutin Cuci Tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Mencuci tangan bisa membantu meminimalisasi infeksi virus dan bakteri berbahaya bagi kesehatan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Wajib makan makanan bergizi seimbang dan mengandung banyak vitamin. Tujuannya agar kebutuhan gizi dan vitamin harian tercukupi, sehingga mencegah infeksi bakteri dan virus.

Kurangi Sentuhan Langsung ke Wajah

Jangan menyentuh wajah secara langsung maupun menggunakan tisu dan sapu tangan sebagai alas tangan. Sebab, virus flu biasanya masuk melalui tangan yang kotor, kemudian menyentuh mulut, hidung, dan mata.

Minum Air Putih Cukup

Dengan memenuhi kebutuhan air harian, tubuh akan membuang zat yang tidak diperlukan. Air putih juga dapat membantu menghilangkan dahak atau lendir bagi pasien flu.

Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Bersiaplah menghadapi nyamuk demam berdarah saat musim hujan. Caranya dengan rutin membersihkan rumah, saluran air, dan berbagai area lain. Sebab, rumah atau tempat tinggal yang kotor dapat mempercepat pertumbuhan nyamuk.

Itulah beberapa tips sehat ketika musim hujan. Dengan mengikuti beberapa saran sehat selama musim hujan tersebut, diharapkan dapat meminimalisasi risiko terserang penyakit, dan siap menghadapi musim hujan.**
 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index