Launching PMB TA 2024-2025, Rektor UMRI dan Kadisdik Riau Jemput Langsung Calon Maba

Launching PMB TA 2024-2025, Rektor UMRI dan Kadisdik Riau Jemput Langsung Calon Maba
Penerimaan mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2024-2025.(Foto:istimewah)

Iniriau.com, Pekanbaru - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) secara resmi kembali meluncurkan Penerimaan mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2024-2025, Sabtu (16/12). Peluncuran PMB kali ini sangat menarik, karena Rektor Universitas Muhammadiyah Riau - Saidul Amin dan Kepala Dinas Pendidikan Riau - Kamsol, menjemput langsung calon mahasiswa baru bernama Arif ke rumahnya.

Kedatangan Rektor UMRI dan rombongan, ternyata disambut hangat oleh masyarakat Perumahan Garuda Permai Jalan Uka Kelurahan Air Putih Kecamatan Bina Widya. Pasalnya, mereka sangat bersyukur karena UMRI dan Pemprov Riau telah memberikan beasiswa kepada salah seorang warga mereka yang notabenenya merupakan warga kurang mampu.

Aura kebahagiaan terpancar jelas dari wajah Arif dan keluarga, karena dirinya berhasil menerima program beasiswa bidik misi dari Pemprov Riau dan bisa kuliah di UMRI setelah tamat sekolah. Bahkan warga dan tokoh masyarakat dilingkungan tempat tinggal Arif juga ikut merasa haru dan bahagia, karena masih ada pihak yang peduli dengan pendidikan warga kurang mampu.

"Alhamdulillah, mungkin inilah jawaban atas doa-doa saya selama ini. Keterbatasan ekonomi keluarga, membuat saya tidak bisa melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Namun Allah SWT berkata lain, saya justru mendapatkan kesempatan kuliah di UMRI secara gratis berkat adanya beasiswa dari Pemerintah Provinsi Riau. Semoga saya bisa memanfaatkan beasiswa ini dengan sebaiknya, serta bisa mengukir banyak prestasi di Universitas Muhammadiyah Riau nantinya," Ungkap Arif kepada Iniriau.com, Sabtu (16/12).

Sebagai informasi, Arif merupakan Siswa Kelas XII IPA SMAN 12 Pekanbaru yang memiliki banyak prestasi membanggakan. Selain itu, Arif juga merupakan seorang hafiz atau penghafal Al-quran 10 juzz dan sering mengikuti ajang MTQ.

Arif terpilih menjadi salah satu calon mahasiswa baru UMRI tahun 2024-2025 nanti, berkat adanya usulan dari salah seorang karyawan UMRI yang tidak lain dan tidak bukan merupakan tetangga Arif. Di lingkungan tempat tinggalnya, Arif merupakan sosok anak yang baik dan suka membantu sesama.

Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Saidul Amin menyebutkan, Ananda Arif merupakan seorang anak yang beruntung karena bisa mendapatkan beasiswa bidik misi dari pemerintah. Dirinya berharap, Arif bisa kuliah dengan sungguh-sungguh dan mengukir banyak prestasi di UMRI nantinya.

"Kita memiliki rusunawa, yang diperuntukan bagi mahasiswa kurang mampu, luar daerah dan mahasiswa internasional. Nanti Ananda Arif juga bisa tinggal disana, sembari ditugaskan menjadi Imam Mesjid Kampus kita. Semoga, Ananda Arif nanti bisa kuliah dengan baik dan cepat menyelesaikan program S1 di UMRI. Saat ini, UMRI memiliki sebanyak 8 fakultas dengan 26 prodi program S1 dan D3 serta 2 prodi pasca sarjana. Dimana, jumlah mahasiswa baru UMRI tahun 2023 sebanyak 3.000 mahasiswa sedangkan tahun 2024 nanti jumlah penerimaan mahasiswa baru ditargetkan menjadi 3.500 mahasiswa," kata Rektor Saidul Amin.

Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol menyebutkan, Pemerintah Provinsi Riau terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memenuhi infrastruktur pendidikan di Riau. Selain itu, juga dikucurkan program beasiswa dengan jumlah dana yang sangat fantastis.

"Pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Riau telah menyalurkan beasiswa sebanyak Rp 57,2 miliar kepada 6 perguruan tinggi di Riau. Beasiswa tersebut terbagi kedalam 3 kategori yakni beasiswa bidik misi, beasiswa prestasi dan beasiswa bhakti negeri. Kita berharap, tidak ada anak-anak Riau yang putus sekolah dan tidak bisa kuliah hanya karena alasan ekonomi. Mereka tetap bisa kuliah, salah satunya ya disini, kampus Universitas Muhammadiyah Riau," Sebut Kamsol.

Usai menjemput Arif ke rumahnya, Rektor UMRI dan Kadisdik Riau beserta rombongan kembali ke kampus UMRI dan melakukan lauching PMB serta program pasca sarjana (S2) yang juga dihadiri oleh sejumlah pelajaran dan Kepala SMA sederajat di Pekanbaru.

Rencananya, Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI akan dilaksanakan dalam 3 gelombang hingga 7 September 2024 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMB UMRI tahun akademik 2024-2025, bisa diakses melalui website www.umri.ac.id atau halaman media sosial resmi milik UMRI. **

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index