Tips Menjaga Kesehatan Mental Guru Diakhir Semester

Tips Menjaga Kesehatan Mental Guru Diakhir Semester
Ilustrasi guru mengajar di kelas (foto: net)

iniriau.com, JAKARTA - Bulan Desember merupakan bulan yang sangat padat bagi para guru, karena guru harus berjibaku dengan rutinitas yang menguras tenaga dan pikiran. Mulai dari menyiapkan soal ujian serta melakukan koreksi, hingga menginput nilai ujian ke rapor.

Tidak hanya itu. Guru yang mendapatkan tugas tambahan --misalnya menjadi bendahara atau pengurus barang-- juga harus menyelesaikan laporan yang menumpuk untuk diselesaikan sebagai bagian dari pertanggungjawaban.

Belum lagi tugas administrasi serta lain sebagainya. Jika guru tidak mampu untuk menjaga ritmenya, maka bisa dipastikan guru tersebut akan kelelahan dan berujung pada terganggunya kesehatan metal atau "kewarasan" guru.

Oleh karena itu, agar kesehatan mental guru tetap terjaga di akhir tahun ajaran semester, berikut 4 tips yang dapat dilakukan.

Saling Membantu dan Memahami Kondisi Sesama Guru

Jangan sibuk dengan urusan diri sendiri, namun guru juga harus peka dengan teman sejawat atau guru lain.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan saling membantu untuk meringankan tugas masing-masing guru sehingga timbul rasa empati dan simpati antara sesama guru.

Menjaga Hubungan Baik dengan Sesama Guru

Hal lain yang dapat dilakukan ialah menjaga hubungan baik dengan sesama guru. Hal itu dilakukan dengan saling bertegur, bercengkrama serta tidak mengucapkan kata-kata yang menyinggung perasaan.

Dengan menjaga hubungan baik dengan sesama guru, maka guru akan merasa bahwa lingkungan tempatnya bekerja menerima secara penuh.

Berpikir dan Melakukan Hal Positif

Ketika berada pada puncak kesibukan sebagai guru dan berpotensi menguras tenaga dan pikiran, maka salah satu hal yang wajib dilakukan adalah dengan berpikir dan melakukan hal positif.

Hal itu dimaknai bahwa setiap hal yang akan dilakukan haruslah berimplikasi positif sehingga tidak memberikan beban tambahan. Berpikir dan melakukan hal positif dapat dilakukan dengan selalu riang, ceria dan melakukan pekerjaan tahap demi tahap yang jelas.

Memberi Penghargaan Untuk Diri Sendiri

Di tengah kesibukan yang padat, guru dapat meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai.Berikan waktu untuk diri sendiri di tengah kesibukan yang terjadi, sehingga tenaga dan pikiran yang telah terkuras dapat kembali segar, dan siap kembali menyelesaikan tugas.**
 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index