Lacak Keberadaan Beruang di Pangean, BKSDA Riau Bakal Pasang Perangkap

Lacak Keberadaan Beruang di Pangean, BKSDA Riau Bakal Pasang Perangkap
Ilustrasi -net

iniriau.com, PEKANBARU - Hingga saat ini tim dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau belum berhasil melakukan pencarian beruang yang sempat terlihat di pemukiman Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi. Satwa dilindungi itu belum juga ditemukan meskipun tim telah melakukan pencarian intensif.

Hal tersebut diakui Kepala BKSDA Riau, Genman S Hasibuan. Meski belum menemukan tanda-tanda satwa liar itu, tim masih terus melakukan pencarian.

"Pencarian masih berlanjut. Kami belum menemukan tanda-tanda keberadaan beruang tersebut," ujar  Genman pada Kamis (19/10/2023).

Menurut Genman dari laporan warga kemunculan beruang itu bukan di habitat aslinya. Hal ini diketahui dari foto yang berhasil diambil yang menunjukkan beruang tersebut berada di kawasan kebun warga.

"Kami telah mengkonfirmasi keberadaan beruang tersebut. Ini bukan area habitat aslinya," tambah Genman.

Meski habitat alami beruang masih dalam kondisi baik dan sumber makanan tersedia, namun kehadiran satwa ini di area pemukiman menjadi perhatian serius. Tim BKSDA kini mempertimbangkan pemasangan perangkap untuk mengamankan dan memindahkan beruang kembali ke habitat alaminya.

"Kami sedang mempertimbangkan langkah terbaik untuk menjamin keamanan beruang dan warga sekitar," tutup Genman.**

#Hukrim

Index

Berita Lainnya

Index