Didukung PHR, Taman Kehati dan Ekoriparian di Unilak Diresmikan

Didukung PHR, Taman Kehati dan Ekoriparian di Unilak Diresmikan
Pemanfaatan Taman Kehati dan Ekoriparian yang bersumber dari dana PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) diresmikan (foto: istimewa)

Iniriau.com, PEKANBARU - Pemanfaatan  Taman Kehati dan Ekoriparian di lingkungan  Kampus Universitas Lancang Kuning (Unilak) diresmikan, Kamis (17/8/23). Pembangunan Taman Kehati dan Ekoriparian bersumber dari dana PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Peresmian pemanfaatan ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Irwan Effendi, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi. Turut hadir perwakilan PT PHR Analyst Social Performance PHR, Delly Paramita.

"Kami akan kelola ini dengan baik, tidak hanya  untuk civitas akademika, tapi juga terbuka untuk publik. Mulai hari ini masyarakat umum dapat menggunakan fasilitas ekoriparian," kata Rektor Unilak.

Diharapkan, hadirnya Taman Kehati dan Ekoriparian di lingkungan kampus ini tidak hanya menjadi sarana edukasi dan rekreasi. Tetapi juga dapat dimanfaatkan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Kesempatan ini, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi juga mengucapkan terimakasih kepada PHR yang banyak membantu Unilak selama ini. Salah satu karya monumental kerjasama dengan PHR adalah pembangunan Ekoriparian dan Taman Kehati.

"Kita berharap nantinya banyak memperoleh manfaat. Kami akan berkoordinasi dengan PHR semoga ke depan akan ada pengembangan lainnya," ujar Prof Junaidi.

Perwakilan PHR Rokan Analyst Social Performance PHR Delly Paramita dalam sambutannya menyampaikan rasa senang dan berbangga hati bisa hadir dalam soft launching ini. Menurutnya hal ini bukti upaya PHR sebagai bagian tanggung sosial dan lingkungan serta salah satu bentuk kemitraan strategis antara pihak perusahaan mewakili BUMN dengan Unilak mewakili institusi pendidikan dan pemerintah.

"Silahkan hubungi kami kapan saja untuk konsultasi dan diskusi untuk rencana pengembangan kedepannya," ucap PHR.

Sebagai informasi, Ekoriparian ini meliputi kawasan seluas lebih kurang 10 hektar di area kampus Unilak, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Ekoriparian dirancang untuk restorasi dan konservasi dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial masyarakat, dan ekonomi yang saling terintegrasi.

Terdapat constructed wetland atau rawa buatan yang didesain khusus untuk pengolahan air dengan memanfaatkan proses alami yang terintegrasi. Air yang mengarah ke danau akan mengalami dekontaminasi melalui proses alami yang melibatkan vegetasi rawa atau riparian.

Ekoriparian Unilak memiliki lokasi yang sangat asri, indah, berbukit dan berundak-undak. Letaknya berada di pintu masuk kampus Unilak dari gerbang jalan Yos Sudarso, Ekoriparian ini memiliki danau yang ditata dengan baik, tersedia jembatan di tengah danau, serta memiliki jogging track mengelilingi danau.

Hadir ada acara peresmian para wakil rektor, dekan, dosen dan pegawai Unilak.  Priawansyah Analyst Social Performance, PHR WK Rokan dan Clairine Hagins, HES Engineer EPS. PHR WK Rokan.**

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index