Sejak Januari 2023, Total 956 Hektare Lahan di Riau Terbakar

Sejak Januari 2023, Total 956 Hektare Lahan di Riau Terbakar
Ilustrasi karhutla (foto:net)

iniriau.com, PEKANBARU - Total luas 956 hektare lahan di Riau terbakar sejak Januari 2023 hingga kini. Hal tersebut disampaikan Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal.

Menurutnya dari jumlah itu, ada tiga kabupaten yang terluas kasus karhutla. Yaitu Kabupaten Rohil, Mandau di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Pelalawan. Saat BPBD Riau, Polri, TNI dan masyarakat peduli api (MPA) sedang berusaha memadamkan api.

"Sejak Januari 2023 sampai dengan saat ini total 956 Ha. Yang terluas Kabupaten Rohil, Mandau di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Pelalawan," kata Edy Afrizal, Selasa (1/8/2023).
 

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Noorhayat mengatakan pihaknya sedang berupaya memadamkan api di dua wilayah, yakni Kecamatan Gaung dan Teluk Balengkong.

"Lahan yang terbakar milik warga. Ada beberapa hotspot dan anggota sedang melakukan pemadaman di dua wilayah khususnya di wilayah Kecamatan Gaung," kata Noorhayat.

Untuk memantau titik api, kata Noorhayat pihaknya memanfaatkan aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang ada di 8 hotspot. Soal adanya dugaan pembakaran lahan oleh warga untuk kepentingan perkebunan, Noorhayat menyebut hal tersebut masih dalam penyelidikan.**

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index