Seniman dan Penyelamat Hutan Kampanye Riau Bebas Asap di Area CFD

Seniman dan Penyelamat Hutan Kampanye Riau Bebas Asap di Area CFD
Kampanye Riau bebas asap di Tugu Zapin (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Musim kemarau yang mulai melanda sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Riau mulai membuat Masyarakat khawatir. Pasalnya setiap musim kemarau marak terjadi kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabur asap.

Untuk itu sejumlah masyarakat  membentangkan spanduk dan melakukan kampanye Riau bebas asap di Tugu Zapin yang menjadi satu dari area car free day (CFD) di Kota Pekanbaru, Minggu (28/5/2023). Kampanye Riau Bebas Asap 2023 itu diinisiasi organisasi penyelamat hutan Riau dan sejumlah seniman di Pekanbaru.

Mereka menyuarakan Riau bebas asap dan  mengelilingi tugu yang berada di antara Jalan Jenderal Sudirman dan Gajah Mada itu. Tampak separuh tugu Zapin   telah dipenuhi dengan coretan layaknya api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyala.


Kegiatan ini menarik perhatian masyarakat yang mengikuti  kegiatan CFD di kawasan tersebut. Menurut warga  pemerintah seharusnya serius menangani karhutla yang telah menghabiskan puluhan hektar di Bumi Lancang Kuning dalam waktu belakangan ini. Tak hanya orang kecil, korporasi pun tidak boleh luput dari proses hukum.

"Kita berharap pemerintah lebih serius tangani masalah karhutla, sehingga tidak terjadi lagi pengrusakan hutan. Pemerintah harus memikirkan kelanjutan untuk generasi mendatang,"  terang Aira, salah seorang warga.**

 

 

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index