BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu dari Pemukiman Warga

BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu dari Pemukiman Warga
Seekor beruang madu diserahkan warga Batang Cenaku pada BBKSDA Riau (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU -Seekor beruang madu ditangkap warga Desa Alim Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Inhu. Satwa tersebut sengaja ditangkap, Senin (13/2/2023), karena warga  khawatir akan konflik.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S Hasibuan mengatakan, Menurut keterangan Ketua RT setempat,  bahwa beruang itu awalnya dibawa kelompok Suku Kubu dan ditinggalkan di lokasi.

"Warga resah karena beruang itu masuk  ke rumah salah satu warga dan terlihat berkeliaran di pekarangan," kata Genman, Kamis (16/2/2023).

Setelah ditangkap, warga menyerahkan satwa dilindungi itu pada BBKSDA Riau.  Beruang tersebut sudah berada di kandang transit milik BBKSDA Riau.

"Beruang tersebut kita evakuasi setelah Bhabinkamtibmas setempat melaporkannya," jelasnya.

Evakuasi hewan penyuka madu itu dipimpin Kepala Resort Kerumutan Utara (Pos Kapau), Sehat Nasution. Saat tim melakukan pengecekan, beruang dalam keadaan sehat. Kemudian  beruang tersebut dibawa ke Pekanbaru, untuk dimasukkan ke kandang transit.

"Umurnya lebih dari satu tahun berjenis kelamin jantan," ujar Genman.

Setelah proses evakuasi dilakukan, langkah selanjutnya beruang akan terlebih dahulu direhabilitasi. Untuk selanjutnya direncanakan akan dilepasliarkan.

"Saat ini tim medis kita sedang melakukan proses rehabilitasi," tutupnya.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index