Sumur Minyak PT BSP Meledak, Seorang Pekerja Tewas

Sumur Minyak PT BSP Meledak, Seorang Pekerja Tewas
Ilustrasi sumur minyak meledak (foto: net)

iniriau.com, PEKANBARU Pipa sumur minyak tua milik PT Bumi Siak Pusako (BSP) di Siak, Riau meledak. Akibatnya satu pekerja tewas dan tiga lainnya mengalami luka bakar ringan.Peristiwa tersebut dibenarkan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Rikky Rahmat Firdaus, Kepala Departemen Humas SKK Sumbagut, Yanin Kholison.

“Betul telah terjadi kecelakaan pada Kamis, 26 Januari 2023, saat kegiatan pemeliharaan dan pemanfaatan aset pada fasilitas pipa yang berada di area sumur yang sudah tidak aktif,” ujar  Yanin Kholison, Selasa (31/1/2023.

Dimana ledakan terjadi saat petugas memotong baut yang sudah berkarat pakai alat pemotong berupa las pemotong. Sehingga ini memicu ledakan. Peristiwa tersebut terjadi di area fasilitas pipa yang sudah tidak dipakai lagi yang berada di area sumur Bekasap 02.

"Ada empat korban, bukan lima orang. Tiga korban luka ringan dan satu meninggal setelah mendapat perawatan di RS Awal Bros. Seluruh korban, alhamdulillah sudah ditangani dengan baik," ujarnya.

Yanin menjelaskan mitra kerja PT BSP yakni PT Daya Tama Pola Nusa, saat itu sedang melakukan pekerjaan rutin pemeliharaan fasilitas dan penggunaan aset.

Pada area tersebut,terdapat fasilitas pipa dam valve yang tidak digunakan dan dapat dimanfaatkan. Kejadian pada saat mau dibuka valve yang tersambung dengan pipa tersebut, masih ada gas/hydrocarbon yang masih terperangkap di dalam pipa tersebut.

Hingga saat ini terus  dilakukan proses pengecekan dan investigasi detail penyebab kejadian. SKK Migas Sumbagut dan PT BSP terus memantau perkembangan lebih lanjut.** 

#PT BSP

Index

Berita Lainnya

Index