Air Mineral Sumber Kalsium

Air Mineral Sumber Kalsium
Air Mineral

JAKARTA, - Air mineral ternyata juga bisa meningkatkan jumlah kalsium tubuh. Dibanding minum susu atau mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan kalsium dalam jumlah yang cukup.
 
“Fitur khusus air mineral sebagai sumber kalsium adalah sebagai alternatif bebas kalori daripada produk susu,” kata peneliti Theresa Greupner, seperti dilansir laman Lifescript.

“Di dunia di mana jumlah orang gemuk dan obesitas yang terus bertambah, penting untuk mengurangi asupan energi dan mempromosikan alternatif lain untuk memenuhi keperluan kalsium selain susu dan produk yang mengandung susu yang tinggi kalori,” jelas Greupner.

Studi tim peneliti yang didanai asosiasi pembuat air mineral Jerman ini meneliti seberapa baik tubuh menyerap kalsium dalam lima produk berbeda, masing-masing mengandung 300 miligram kalsium, yakni tiga jenis kalsium mineral kaya air, susu dan suplemen kalsium.

Dua puluh satu pria dan wanita berpartisipasi dalam penelitian ini.

Tidak ada perbedaan bagaimana kalsium dari lima sumber yang berbeda diserap, para peneliti melaporkan dalam Journal of American College of Nutrition.

Mineral lain di dalam air tidak memengaruhi penyerapan kalsium.

“Sebagian besar mineral ada dalam daftar mineralisasi mineral pada label dan semakin tinggi jumlah kalsium, maka semakin baik air sebagai sumber kalsium,” kata Greupner.

Seseorang perlu minum dua liter air mineral 500 miligram / liter per hari atau lebih dari delapan ons susu untuk memenuhi kebutuhan standar harian Jerman yakni 1.000 miligram kalsium. Di Amerika Serikat, rekomendasinya adalah 1.300 miligram per hari untuk orang dewasa.

‘’Memang sudah bukan rahasia umum lagi di Italia bahwa air mineral bisa menjadi sumber kalsium yang baik,” kata Dr Maria Luisa Brandi dari Universitas Florence.

Brandi yang tidak terlibat dalam studi ini mengatakan bahwa kalsium dalam air mineral juga diserap seperti kalsium dalam susu.

‘’Konsepnya mapan dalam pengobatan,” kata Brandi. Kami merekomendasikan air dengan kandungan kalsium tinggi untuk pasien osteoporosis,” pungkas Brandi.


SUMBER; RIAUPOS.CO




Berita Lainnya

Index