Cegah Pikun Dengan Minum Teh Hijau Secara Rutin

Cegah Pikun Dengan Minum Teh Hijau Secara Rutin
Cegah Pikun Dengan Minum Teh Hijau Secara Rutin

JAKARTA, - Mencegah kepikunan dapat diobati dengan meminum ramuan tradisioanal Teh hijau. Selain mencegah pikun, teh hijau juga ini dipercaya bisa menurunkan berat badan bila dikonsumsi secara rutin.

Para peneliti melakukan uji coba kepada tikus jantan yang berumur 3 bulan. Tikus itu diberikan senyawa kunci yang terkandung dalam teh hijau yaitu EGCG yang kandungan antioksidannya paling banyak. Tikus tak hanya diberikan air yang mengandung 2 gram EGCG per liter, mereka juga diberikan makanan diet berfruktosa tinggi.

Kemudian para peneliti mengukur banyaknya lemak pada tubuh tikus. Tikus juga diminta untuk menyelesaikan tes labirin Morris di dalam air di mana mereka harus menemukan jalan yang membuat mereka lolos dari air. Setelah melakukan uji coba selama 16 minggu, para peneliti kemudian mulai menganalisis hasilnya.

Hasilnya adalah tikus yang diberikan EGCG secara signifikan bisa menemukan jalur pelarian lebih cepat. Tak hanya itu, walaupun jalur disembunyikan, tikus bisa menemukan rute alternatif lain dari kolam. Tubuh tikus pun menjadi lebih ramping dari sebelumnya padahal sudah diberikan makanan berfruktosa tinggi.

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan di The FASEB Journal ini bisa disimpulkan meminum teh hijau secara rutin selama 4 bulan bisa meningkatkan fungsi otak dan menurunkan berat badan. Penurunan fungsi otak memang masih menjadi masalah untuk mereka yang sudah lanjut usia.

Umumnya, kognisi dan memori pada lansia tidak sebaik saat mereka masih muda. Masalah fungsi otak yang sering muncul pada lansia adalah kepikunan. Kepikunan adalah suatu kondisi di mana seseorang melupakan hal-hal yang sebenarnya sudah mereka ketahui sebelumnya.

Salah satu penulis studi penelitian, Dr Xuebo Liu mengatakan, teh hijau adalah minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi oleh seluruh warga dunia. Teh jenis ini setidaknya tumbuh di 30 negara.

“Membiasakan diri meminum teh hijau bisa menjadi alternatif pengobatan yang lebih mudah untuk diterima apabila mengalami gangguan ingatan atau obesitas,” tutur Dr Liu seperti yang dikutip dari Daily Mail.

sumber: riaupos.co

Berita Lainnya

Index