Dinkes bersama Kemenkes Tuntaskan Filariasis di Kampar

Dinkes bersama Kemenkes Tuntaskan Filariasis di Kampar
Dinkes bersama Kemenkes Tuntaskan Filariasis di Kampar

KAMPAR KIRI, - Kepala Dinas kesehatan kabupaten Kampar melalui sekretaris Dedi Sambudi, M.Kes mendatangi Puskesmas Desa hidup baru kecamatan Kampar kiri tengah dalam rangka penanggulangan penyakit kaki Gajah (Filariasis) kepada Kepala Puskesmas, kepala Desa Hidup baru beserta staf dan tokoh masyarakat juga hadiri acara ini, Rabu, 26/7/2017

Dedi Sambudi mengatakan Dinkes Kampar telah melaksanakan kegiatan pengobatan massal filariasis (kaki Gajah,red) yang dimulai sejak tahun 2012 - 2017.

Dedi juga menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan pemberian obat makan secara massal bagi seluruh masyarakat, kecuali bayi dan ibu hamil.

" Kegiatan ini dibiayai bersama Pemerintah kabupaten Kampar dan Pemerintah pusat, hal ini adalah tahun terakhir pelaksanaan program kaki Gajah (filariasis)," bebernya.

Dedi juga  berharap penyakit kaki gajah ini tidak ada lagi di kabupatenn kampar, malam ini kita melakukan pengambilan sampel darah masyarakat yang di mulai jam 22.00 - 03.00 wib malam,  pemeriksaan darah tersebut di laboratorium, untuk memastikan keberhasilan program (filariasis) yang kita fokuskan pada Desa Pulau lawas, kecamatan Bangkinang, dan Desa Hidup baru sebagai sampel.

"Dalam pemeriksaan ini kita didampingi oleh tim Kemenkes Yang memantau pengambilan sampel darah. dan hasilnya akan disampaikan satu bulan kedepan. Jika pada pemeriksaan nanti ditemukan angka kejadian dibawah 1 persen maka kita telah berhasil mengeliminasi penyakit kaki gajah tersebut "tutupnya. (zulheri)

Berita Lainnya

Index