Cegah DBD, Lakukan Fogging dan Bersihkan Lingkungan

Cegah DBD, Lakukan Fogging dan Bersihkan Lingkungan
Gusti Yanti, M.Kes selaku Kabid P2P (Pencegahan, pengendalian penyakit menular) dinas kesehatan Pekanbaru

PEKANBARU, RidarNews.com - Kasus demam berdarah dengue (DBD) sangat mengkuatirkan menjadi perhatian serius dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Pasalnya, jumlah kasus DBD terus mengalami peningkatan pada setiap harinya. Setidaknya hingga saat ini telah tercatat sebanyak 302 kasus dari seluruh Kecamatan yang ada.

Data DBD yang media peroleh dari Diskes Pekanbaru sampai minggu 19 tahun 2017 berdasarkan setiap kecamatan, Sukajadi terkena DBD 12 orang, Senaapelan terkena DBD 19 orang, Pekanbaru Kota terkena DBD 11 orang, Rumbai Pesisir terkena DBD 15 orang, Rumbai terkena DBD 24 orang, Limapuluh terkena DBD 18 orang, Sail terkena DBD 2 orang, Bukitraya terkena DBD 51 orang, Marpoyan Damai terkena DBD 43 orang, Tenayan Raya terkena DBD 29 orang, Tampan terkena DBD 44 orang dan Payung Sekaki terkena DBD 34 orang. Setidaknya saat ini telah tercatat 302 kasus orang yang terkena DBD dari seluruh Kecamatan Di kota Pekanbaru.

"Kasus DBD tertinggi banyak terjadi berada di Kecamatan Bukit Raya dengan total sebanyak 51 orang. Disusul Kecamatan Tampan dengan jumlah kasus sebanyak 44 orang. Di tempat ketiga, jumlah pengidap DBD terbanyak juga terjadi di wilayah Marpoyan Damai dengan total kasus sampai saat ini mencapai 43 orang," kata Gusti Yanti, M.Kes selaku Kabid P2P (Pencegahan, pengendalian penyakit menular) dinas kesehatan Pekanbaru kepada wartawan, baru-baru ini.

Gusti Yanti menambahkan bahwa peningkatan kasus DBD di Pekanbaru disebabkan oleh peralihan musim penghujan ke panas. Biasanya, perkembangan nyamuk aiedes aegepty yang menjadi penyebab seseorang mengidap DBD bertambah.

Upaya menekan angka penderita DBD dilakukan dengan fogging atau pengasapan serta memberikan inisiasi terhadap pembersihan lingkungan

" Mari kita ajak masyarakat agar perduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, kondisi lingkungan yang tidak bersih nyamuk akan senang berada disana," jelasnya. (rima)


Berita Lainnya

Index