Gabung Korsel-Jepang

Pembom B-1B AS Terbangi Korea

Pembom B-1B AS Terbangi Korea
Pesawat pembom strategis B-1B andalan AS

SEOUL – Komando  Pasukan Udara Pasifik AS melaporkan bahwa pesawat pembom strategis B-1B negara itu melakukan penerbangan di atas Semenanjung Korea.

Pesawat pembom strategis itu melintas saat latihan gabungan dengan pasukan udara Korea Selatan dan Jepang, kata Komando Angkatan Udara Pasifik (PACAF),Selasa (2/5/17).

Dua pembom AS berangkat dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam pada hari Senin.

"AS melakukan operasi Continuous Bomber Exence sebagai bagian dari uji kemampuan rutin dan forward yang mendukung keamanan regional dan sekutu kami di wilayah Indo-Asia-Pasifik," kata juru bicara PACAF Letnan Kolonel Lori Hodge seperti dikutip  kantor berita Yonhap.

Penerbangan pembom tersebut memicu reaksi tajam Pyongyang karena terjadi sehari setelah Seoul dan Washington menyelesaikan latihan Key Resolve, yang berlangsung selama dua bulan.

Situasi di semenanjung Korea diperparah dalam beberapa bulan terakhir karena Korea Utara melakukan sejumlah peluncuran rudal dan uji coba nuklir.

Uji coba rudal paling baru ini diduga terjadi pada hari Sabtu dari sebuah lokasi di utara Pyongyang. Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan bahwa tes tersebut tampaknya telah gagal saat rudal tersebut jatuh di wilayah Korea Utara.(sputniknews/zar/riaupos.co)


Berita Lainnya

Index