Terakreditasi, Baru 2 Puskesmas di Meranti

Terakreditasi, Baru 2 Puskesmas di Meranti
Ilustrasi

SELATPANJANG - Masih minimnya sarana dan prasarana kesehatan di Kepulauan Meranti menjadi momok bagi masyarakat. Walaupun di sejumlah kecamatan telah memiliki pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), namun ‎ternyata belum semua terakreditasi.

Dari 10 puskesmas yang ada di seluruh wilayah di Kepulauan Meranti, ‎baru dua puskesmas yang telah terakreditasi. Dua puskesmas itu yakni, Puskesmas Selatpanjang dan Puskesmas Alai di Kecamatan Tebingtinggi Barat. “Puskesmas Selatpanjang akreditasinya madya atau C dan Puskesmas Alai akreditasi dasar atau D,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti dr Irwan Suwandi, Jumat (31/3/17) lalu.

Penilaian akreditasi itu untuk menentukan standar mutu pelayanan yang dilakukan oleh masing-masing puskesmas. Agar dapat mendorong untuk peningkatan pelayanan yang lebih baik. Oleh sebab itu, pada 2017 ini, pihak Diskes mengaku akan melakukan penilaian akreditasi lagi bagi 4 puskesmas lainnya. Empat puskesmas yang akan diusulkan itu Puskesmas Anak Setatah, Puskesmas Teluk Belitung, Puskesmas Tanjung Samak, dan Puskesmas Bandul.

“‎Apapun penilaian akreditasinya, tidak masalah. Yang penting bagaimana seluruhnya sudah terakreditasi,” kata dr Irwan.

Menurutnya dalam penilaian akreditasi ada empat tingkatan. Untuk penilaian terbaik disebut paripurna atau A, selanjutnya utama atau B, penilaian ketiga madya atau C dan penilaian akreditasi terbawah yakni dasar atau D. Lebih jauh diungkapkannya berdasarkan ketetapan dan ketentuan saat ini, seluruh puskesmas harus sudah terakreditasi. Paling lama pada 2019 nanti.

“Jadi memang sesuai ketentuan saat ini, seluruh puskesmas harus sudah terakreditasi paling lama 2019. Hal itu untuk meningkatkan mutu pelayanan di seluruh puskesmas,” terangnya.



sumber: riaupos.co

Berita Lainnya

Index