Gigi Ibu Hamil Berlubang Bisa Berdampak pada Janin

Gigi Ibu Hamil Berlubang Bisa Berdampak pada Janin
Ilustrasi

JAKARTA - Tidak hanya kesehatan tubuh, ternyata kesehatan gigi juga perlu diperhatikan untuk ibu hamil. Pasalnya, gigi yang berlubang memberikan pengaruh besar bagi kesehatan dirinya dan si janin.

“Kalau tentang kehamilan, bakteri penyebab penyakit gigi dan mulut akan berkembang apakah itu di jantung, otak atau janin dengan toksin-toksin yang dihasilkan oleh infeksi gigi,” ungkap drg Farichah Hanum, MKes, Ketua Pengurus Besar Dokter Gigi Indonesia di SDN Rawa Buntu 03, Tangerang Selatan, Senin (20/3/17).

Menurutnya, infeksi gigi ini dapat menyebabkan kelahiran prematur bagi bayi. Drg Nahum menyarankan agar ibu hamil perlu memeriksakan giginya secara rutin untuk mencegah terjadinya infeksi yang berakibat fatal.

“Maka sebaiknya ibu hamil harus memeriksakan gigi secara rutin. Siapa tahu kemungkinan bakteri bisa menyebar,” tambahnya.

Ia melanjutkan, biasanya dokter gigi takut melakukan banyak tindakan untuk menangani sakit gigi pada ibu hamil. Inilah perlu dilakukan deteksi sejak awal agar tidak mengganggu janin.

“Kapan idealnya dilakukan pemeriksaan Trimester kedua. Kalau terjadi infeksi pada trimester pertama, dokter gigi harus hati-hati dalam melakukan tindakan. Kalau di usia kehamilan yang cukup matang, perlu dilakukan rekomendasi berdasarkan dokter obstetri dan ginekolog,” tukasnya.


sumber: riaupos.co

Berita Lainnya

Index