Kenali Sumber Berita untuk Melihat Hoax

Kenali Sumber Berita untuk Melihat Hoax
Foto: BBC

JAKARTA - Penyebaran berita hoax kian agresif, sehingga masyarakat diimbau tak terperangkap dengan berita hoax, terlebih menyebarkan informasi yang tak jelas kebenarannya.

Sebelum menyebarkan informasi, ada baiknya untuk melakukan kroscek terlebih dulu. Hal tersebut dipaparkan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Samuel Abrijani.

"Harus kita compare dengan media online yang mainstream juga. Kalau yang enggak mainstream, kita enggak tahu juga itu sumbernya dari mana. Kalau berita besar, enggak mungkin media mainstream enggak memuat," jelasnya.

Sumber informasi sendiri digarisbawahi menjadi landasan untuk mempercayai sesutu informasi. Hal ini senada dengan survei yang dilakukan Mastel, dimana dijelaskan sebanyak 54,10% koresponden mengaku bahwa ciri-ciri berita hoax dapat diketahui berdasarkan sumbernya.

Mereka menilai, sumber yang tak jelas memiliki kemungkinan besar dalam penyebaran berita hoax. Sementara yang lainnya berpendapat, berita hoax bisa dicirikan dengan berita yang disajikan terasa aneh dan juga berita tersebut tak ada di media massa.


(din/okezone)

 

Berita Lainnya

Index