Bupati Rohil Pimpin Rapat Persiapan Event Bakar Tongkang Tahun 2024

Bupati Rohil Pimpin Rapat Persiapan Event Bakar Tongkang Tahun 2024
Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, S.IP, M.Si beserta jajarannya menggelar rapat persiapan dan pematangan pelaksanaan kegiatan Bakar Tongkang (foto: istimewa)

iniriau.com, ROHIL - Iven Bakar Tongkang yang sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya kembali akan digelar pada 22 Juni 2024. Untuk persiapan iven tersebut, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, S.IP, M.Si beserta jajarannya menggelar rapat persiapan dan pematangan pelaksanaan kegiatan Bakar Tongkang pada hari Senin (10/6/2024) malam di Mess Pemda Jalan Perwira Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau

"Alhamdulillah pada malam ini, kita sudah melaksanakan rapat dengan seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan, pematangan kegiatan Iven Bakar Tongkang Tahun 2024. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, jadi kegiatan ini tidak lagi suatu yang baru karena Iven Bakar Tongkang sudah masuk agenda tahunan kalender wisata Nasional," kata Bupati Afrizal Sintong.

Rapat malam ini juga dihadiri dari pihak Kemenpora, OPD terkait, Kepolisian , Kodim 0321, Genpari, LAM dan undangan lainnya.

'Insyaallah undangan kita juga sudah disebarkan termasuk juga ada ke kementrian seni budaya Malaysia. Selain itu terkait masalah keamanan dan buka tutup  lalulintas semua sudah diatur pihak Polres Rohil dan Dinas Perhubungan," terang Bupati.

Afrizal Sintong dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk kegiatan Iven Bakar Tongkang  kedepannya harus lebih matang lagi dalam persiapannya terutama masalah anggaran.  Dispora Rohil diminta untuk menganggarkan segala sesuatunya seperti masalah anggaran makan minum, baju kegiatan Bakar Tongkang, Sound Sistem dan lainnya yang diperlukan jadi tidak lagi meminta kepada klenteng.

"Saya berharap Kadispora benar-benar tampil maksimal dalam segala persiapan Iven Bakar Tongkang ini. Jadi tahun ini anggaran sedikit, untuk tahun depan anggarannya harus benar-benar di siapkan, karena Iven ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah masuk kalender wisata Nasional, " ungkap Bupati.

Bupati juga berharap agar tertib acara bakar tongkang ini diatur sebaik mungkin dan matang sehingga tidak terlihat semraut pada saat acara puncak pembakaran tongkang di lokasi Bakar Tongkang.

"Kita berharap semua pelaksanaan kegiatan Iven Bakar Tongkang ini dapat berjalan baik, lancar dan aman serta dapat memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri," harapnya.

Sementara itu, Kabag. Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, S.H.,M.Si sebagai penanggung jawab keamanan pada Iven Bakar Tongkang dalam rapat menyampaikan bahwa pihaknya akan mengerahkan 230 personil Polres Rohil. Kemudian Brimob 10 personil, Samapta Polda Riau 60 orang. Semua akan di sebar di setiap titik yang di anggap perlu.

" Karena Iven ini perlu diperhatikan terkait masalah UMKM dan pengunjung  yang ingin melihat Iven ini dapat diakomodir bersama-sama, baik pengunjung VIP maupun wisatawan serta warga tempat yang ingin menyaksikan Iven Bakar Tongkang ini," kata Basiran Nur Efendi.

Hadir pada acara rapat Sekretaris Daerah Rohil Fauzi Efrizal, perwakilan Kemenpora, para Asisten Pemkab Rohil, dan Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi. Kemudian para Kepala OPD, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, S.H.,M.Si. Rohil Kapolsek Bangko, Kompol Ihut Manjalo Tua, SH. MH, Genpari, LAM Rohil serta tokoh masyarakat Tionghoa. (SB/Diskominfotiks)

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index