Distankan Pekanbaru Bentuk Tim Cek Kesehatan Hewan Kurban

Distankan Pekanbaru Bentuk Tim Cek Kesehatan Hewan Kurban
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban (foto:net)

iniriau.com, PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban yang masuk ke wilayahnya jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Bahkan saat ini Distankan Pekanbaru, tengah mempersiapkan tim untuk melakukan pengecekan hewan kurban.

Nantinya tim dari Distankan Pekanbaru bakal melakukan pemeriksaan administrasi hingga kesehatan hewan kurban yang datang dari daerah lain. Mereka memastikan hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru layak untuk konsumsi.

"Tim sudah melakukan persiapan untuk melakukan pengecekan hewan kurban," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus, Selasa (7/5/2024).

Ia menuturkan, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan hewan kurban ke kandang dan tempat penjualan. Pemeriksaan guna memastikan hewan kurban layak untuk konsumsi dan tidak memiliki penyakit.

Dinas meminta agar setiap hewan kurban yang masuk Kota Pekanbaru wajib memiliki dokumen kesehatan. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit terhadap hewan kurban jelang Idul Adha tahun ini.

"Ada tim bakal memeriksa administrasi atau dokumen pengangkutan hewan kurban. Baik izin keluar dari daerah asal maupun izin masuk ke Pekanbaru," jelasnya.

Firdaus menjelaskan, pemeriksaan ini juga untuk memastikan bahwa hewan kurban itu sudah mendapat vaksinasi. Pihaknya tidak cuma memeriksa secara administrasi hewan kurban tapi juga dari segi klinis.**

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index