Budi Putra Berbagi Tips Jadi You Tuber Sukses : Pengurus SMSI Riau Harus Siap Jadi Konten Kreator

Budi Putra  Berbagi Tips Jadi You Tuber Sukses : Pengurus SMSI Riau Harus Siap Jadi Konten Kreator
Budi Putra (foto: istimewa)

iniriau.com, BATAM - Pengurus SMSI Riau mendapatkan ilmu baru untuk menambah pundi-pundi rupiah dan  penghasilan media, dengan cara  menjadi seorang konten kreator you tube.

Peraktisi media sekaligus konsultan konten kreator you tube, Budi Putra saat menjadi pembicara dalam Workshop SEO dan Digital Marketing Perusahaan Media yang diselenggarakan SMSI Riau, Jumat (3/5/24) menjelaskan, penghasilan yang bisa diperoleh dari menjadi  you tuber lebih menjanjikan, ditengah pesatnya persaingan di media online.

"Pengusaha media online harus mulai mencari alternatif-alternatif baru pendapatan dengan memanfaatkan media sosial. Salah satu tawaran itu ada di you tube. Yakni menjadi konten kreator. Kalau mengharapkan pendapatan dari media online saja mungkin agak lambat. Karena jumlah pengunjung media sosial jauh lebih besar dari pada jumlah pembaca media online," Budi membuka pemaparannya.

Budi mencontohkan You Tuber Atta Halilintar, Mak Betti dan youtuber lainnya yang telah berhasil meraup pundi-pundi rupiah dari konten-konten yang mereka buat.

"Mereka tidak memiliki kemampuan seperti wartawan. Tidak bisa menulis dengan baik, bahkan kadang membuat judul pun salah, tetapi mengapa banyak yang menonton video mereka. Itu karena mereka konsisten, gigih dan spesifik dalam konten. Karena semakin spesifik semakin bagus, algoritma you tube semakin mudah  membaca dan mempromosikannya," papar Budi.

Budi Putra mencontohkan spesifik yang ia maksud adalah seperti yang dibuat seorang konten kreator  di Amerika. Konten kreator tersebut hanya membuat saat-saat kedatangan kereta api di sebuah stasiun, tetapi penontonnya jutaan. Di sini ia melihat ada faktor psikologi penonton, dimana kedatangan kereta itu adalah sebuah harapan.

Budi membandingkan jika  wartawan yang sudah ahli dalam menulis,  pandai  memilih anggel dan paham dalam memilih topik-topik untuk dibuat konten, dia yakin akan menghasilkan  konten yang bagus," ungkap Budi Putra di depan seluruh pemilik media yang tergabung dalam SMSI Riau,   Jumat (3/4/2024) di Kota Batam.

Budi menyemangati para Pengurus SMSI Riau memanfaatkan peluang-peluang di media sosial untuk menghadilkan 'cuan', karena  persyaratan menjadi you tuber atau konten kreator tidaklah sulit, bahkan sangat mudah. Cukup dari _hand phone_ saja, tak perlu memiliki keahlian dalam mengedit karena sekarang banyak aplikasi edit.  Yang penting mau memulai dan konsisten.

"Editing vidio yang bagus bukanlah kunci keberhasilan, yang utama konsisten dalam upload video, dan konsisten memilih tema. Salah satu konten kreator yang saya bimbing hanya membuat video memasak menu katering yang ia lakukan setiap hari. Dalam setahun ini sudah memiliki penghasilan di atas gaji pegawai negeri," jelasnya  menyemangati.

"Saya bagi tipsnya, jangan buat konten dengan tema yang berubah-ubah karena  you tube akan sulit  merekomendasikan video anda. Tak perlu banyak juga, yang penting ada satu video booming, nah ini nanti yang akan membantu chanel kita cepat berkembang dan menaikkan suscriber," ujar Budi yang sudah menjadi konsultan banyak you tuber.

Budi menyarankan, untuk tahap awal mulailah membuat video-video sebagai sambilan dulu. Yang ringan-ringan saja dulu, boleh membuat video kegiatan sehari-hari, misalnya cara memasak atau cara bercocok tanam di halaman rumah. Jika sudah jadi kebiasaan, dia akan jadi sebuah rutinitas. Bikin videonya, dan ia akan menghasilkan uang.

"Yang penting mau dan berani memulai. Tidak ada kata terlambat. Ayo teman-teman di SMSI harus berani memulainya. Jika mau mengikuti saran-saran saya tadi, saya yakin teman-teman akan berhasil. Saya jamin itu," ujar Budi.*

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index