Sosialisasi Akademis Poltekim, Imigrasi Selatpanjang Kunjungi SMAN 2 Tebingtinggi

Sosialisasi Akademis Poltekim, Imigrasi Selatpanjang Kunjungi SMAN 2 Tebingtinggi
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tebingtinggi (foto: istimewa)

iniriau.com, MERANTI - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tebingtinggi. Kunjungan ini untuk memberikan sosialisasi wawasan akademis sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Sosialisasi tersebut langsung dibuka oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Yuris Wibowo Susanto, Kamis (2/5/2024). Ia didampingi oleh sejumlah stafnya  dalam memberikan pemaparan umum terkait Poltekim kepada puluhan siswa yang hadir.

Yuris menjelaskan Poltekim merupakan transformasi dari akademi imigrasi yaitu sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berstatus ikatan dinas di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Poltekim ini menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang keimigrasian.

"Kita memberikan wawasan peluang karir menjadi insan Imigrasi kepada para siswa dan siswi dengan memperkenalkan Politeknik Imigrasi. Hal ini sebagai salah satu opsi pendidikan tinggi bagi para siswa setelah lulus nanti," kata Yuris.

Sekolah kedinasan Poltekim ini, kata Yuris, memiliki 3 program studi yakni Diploma IV Hukum Keimigrasian, Diploma IV Administrasi Keimigrasian dan Diploma IV Manajemen Teknologi Keimigrasian. Selama pendidikan, calon taruna tidak dikenakan biaya atau gratis.

Selain itu ada program akademik yang dilakukan di seluruh Kantor Imigrasi dan UPT Keimigrasian di seluruh Indonesia.

"Poltekim ini 100 persen gratis tanpa biaya pendidikan. Nanti calon taruna bisa memilih program yang disediakan dan sekolah kedinasannya berlangsung selama empat tahun," jelasnya.

Masuk Poltekim, lanjut Yuris, harus melalui beberapa tahapan setelah pengumuman pendaftaran. Mulai dari pendaftaran online, seleksi administrasi, seleksi kompetisi dasar (SKD).

"Kemudian dilanjutkan dengan tes kesehatan, tes kesamaptaan, psikotes, tes wawancara pengamatan fisik dan keterampilan (WPFK). Setelah itu, baru pengumuman calon taruna terpilih," tambah Yuris.

Di dalam sosialisasi kedinasan Poltekim ini, Yuris juga memaparkan mengenai peranan pemerintah daerah dalam mendukung siswa untuk melanjutkan pendidikan khususnya sekolah kedinasan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Tebingtinggi, Haryuniati SPd menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Imigrasi Selatpanjang. Ia mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi untuk menentukan pilihan pendidikan lanjutan bagi masa depannya.

"Saya berharap kegiatan sosialisasi ini akan membantu para siswa memahami lebih baik opsi-opsi yang tersedia dan membantu mereka merencanakan masa depan yang sukses," ucap Haryuniati.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index