Hardiknas, Pj Gubri Minta Pendidik Tingkatkan Mutu Pendidikan di Riau

Hardiknas, Pj Gubri Minta Pendidik Tingkatkan Mutu Pendidikan di Riau
Upacara peringatan Hardiknas 2024 di halaman kantor Gubernur Riau (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Di tengah suasana penuh semangat, Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto, mengajak pemangku kepentingan terus menguatkan berkomitmen dalam meningkatkan mutu dan aksesibilitas pendidikan di Riau. Ia menegaskan bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan membawa kemajuan bagi generasi masa depan.

SF Hariyanto berpesan agar setiap tenaga pendidik mampu meneruskan gerakan Merdeka Belajar yang telah digaungkan selama lima tahun ini.

“Mari digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak wajah baru Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka belajar," kata SF Hariyanto saat upacara peringatan Hardiknas 2024 di Halaman Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Komplek Kediaman Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Kamis (2/5/24).

Dungkapkan dia, saat ini anak-anak Indonesia berani bermimpi, karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas.

“Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal yang baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” lanjutnya.

Dijelaskan, gerakan Merdeka Belajar ini tidak hanya berlaku pada jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat saja. Tetapi manfaat program pembelajaran tersebut juga berlaku bagi tingkat perguruan tinggi.

Kampus Merdeka atau MBKM adalah sebagai media yang berguna untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Kemendikbudristek adalah pihak yang menyelenggarakan program ini. Tujuan utamanya yakni tujuan mengasah kreativitas para pelajar dalam lingkungan akademisnya

“Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap bekerja dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas dalam kampus saja. Kemudian, kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” jelasnya.

Perjalanan bidang pendidikan selama lima tahun terakhir ini, kata SF Hariyanto, bukanlah waktu yang sebentar untuk menjalankan gerakan Merdeka Belajar. Sehingga, perubahan yang menyeluruh ini dapat diteruskan secara berkelanjutan agar terwujud semakin majunya pendidikan di Indonesia.

“Kita sudah berjalan menuju arah yang benar tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang cita-citakan,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia tegaskan, hal ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar, lantaran akan banyak perjuangan yang dilalui bersama. Dengan begitu, harapannya semua pihak dapat memperhatikan masukan dan akan berupaya untuk mewujudkan perubahan yang positif dalam dunia pendidikan.

“Penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia lompat ke masa yang akan datang. Selamat Hari Pendidikan Nasional Mari terus bergotong-royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka belajar.” pungkasnya.**

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index