Puncak Arus Balik Libur Idul Fitri, Semua Loket Pintu Tol Dibuka

Puncak Arus Balik Libur Idul Fitri, Semua Loket Pintu Tol Dibuka
Jalan Tol di Riau (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Hari ini Minggu (14/4/2024) merupakan puncak arus balik lebaran Idul fitri. Petugas di tiga ruas tol di Riau siap lakukan pelayanan. Diantara bentuk persiapan tersebut kembali melakukan pengecekan segala bentuk layanan fasilitas publik. Seperti rest area, fisik jalan, rambu-rambu, penerangan termasuk petugas tol.

"Kita siap melayani. Semua fasilitas kita sudah cek kembali," kata Brand Manager PT Hutama Karya (HK), Jarot Seno Wibawa,  selaku pengelola jalan tol, Minggu (14/4/24).

Sejumlah loket pintu masuk dan keluar pintu tol juga menjadi perhatian. Semua layanan pintu tol baik di tol Pekanbaru - Dumai (Permai), Pekanbaru - Bangkinang (Penang) serta ditambah tol Bangkinang - Koto Kampar yang masih berstatus fungsional  semua dibuka. Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan dalam menghadapi arus mudik.

"Semua gardu di pintu tol kita aktifkan," ungkap Jarot lagi.

Sejumlah mobil ambulan, mobil derek juga terus disiagakan. Begitu juga dengan petugas patroli, untuk memantau kondisi jalan tol terus dilakukan.

"Untuk rest area kita pastikan siap melayani. Kita punya kawasan parkir cukup luas, toilet, mesjid. Layanan publik ini memang kita utamakan,. Sehingga bagi pemudik yang ingin beristirahat, dapat merasakan kenyamanan," ujar Jarot.

Kesempatan ini, Jarot juga mengimbau kepada pemudik, agar mempersiapkan memperhatikan kesiapan fisik kendaraan termasuk bagi sopir itu sendiri. Kemudian perhatikan rambu-rambut jalan tol, jaga jarak serta kecepatan kendaraan maksimal 80 kilo meter (Km) perjam serta minimum 60 km perjam.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah saldo pembayaran tol pastikan cukup. Dikhawatirkan akan terjadi kemacetan akibat lamanya transaksi pembayaran yang mengharuskan pengendara mengisi saldo terlebih dahulu.

"Kita tetap siagakan petugas, dan mereka siap membantu. Tapikan ada jeda waktu, berdampak antrian di belakang. Karena itu kita ingatkan, cek saldo terlebih dahulu," papar Jarot.**

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index