Banjir Lahar Dingin di Bukit Batabuh, 3 Rumah Hanyut, 31 Jiwa Mengungsi

Banjir Lahar Dingin di Bukit Batabuh, 3 Rumah Hanyut, 31 Jiwa Mengungsi
Banjir lahar dingin di Bukit Batabuh Kabupaten Agam (foto: istimewa)

iniriau.com, SUMBAR - Sebanyak tiga unit rumah warga hanyut Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang hanyut akibat banjir lahar dingin, Jumat (5/4/2024). Tidak hanya itu banjir lahar dingin juga menyebabkan 31 jiwa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Menurut Danramil 12/Palupuh, Kapten Inf Army P Nasution Banjir lahar dingin dilaporkan tidak memakan korban jiwa. Saat posko penanggulangan bencana banjir lahar dingin di Bukik Batabuah telah merilis dampak kerusakan.

Dimana warga yang mengungsi ke tempat yang lebih aman sebanyak 31 jiwa atau 7 Kepala Keluarga. Sedangkan, total warga terdampak tercatat sebanyak 256 jiwa atau 78 Kepala Keluarga.
 

“Korban jiwa tercatat nihil. Saat ini 31 jiwa telah diungsikan. Total warga terdampak 256 jiwa,” sebutnya, Sabtu (6/4).
 

Sementara korban materil lanjutnya, terdata 50 unit rumah terdampak dimana tiga unit di antaranya diketahui hanyut terseret arus.

“Selain rumah warga, banjir lahar dingin juga menyebabkan 38 unit tempat usaha mengalami kerusakan,” sebutnya lagi.
 

Ditambahkan, pada Sabtu ini akan dilakukan evakuasi kendaraan yang terbawa arus dan pembersihan material dengan alat berat.

Sementara Kalaksa BPBD Agam melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Ichwan Pratama Danda menambahkan, sekitar 31 pengungsi yang terdata telah diungsikan ke SDN 08 Kubang Duo Simpang Bukik.
 

“Ini hanya data sementara, saat ini masih dilakukan pendataan dan pengecekan ulang terhadap para korban terdampak,” kata Ichwan.**
 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index