Gelar Festival Lampu Colok, Pemkab Meranti Siapkan Total Hadiah Rp 36 Juta

Gelar Festival Lampu Colok, Pemkab Meranti Siapkan Total Hadiah Rp 36 Juta
Festival Lampu Colok meriahkan suasana Ramadhan di Kepulauan Meranti.( foto: ist)

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata menggelar Festival Lampu Colok Tahun 2024.

Festival itu dibuka Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar melalui Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. M. Mahdi, di Taman Cik Puan Selatpanjang, Sabtu (6/04/2024).

Mahdi mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia menilai festival itu sangat penting guna melestarikan kearifan lokal yang kerap digelar pada malam 27 ramadan itu.

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang senantiasa berkomitmen tinggi untuk melestarikan festival lampu colok ini,” kata Mahdi.

Lebih jauh dijelaskannya, festival itu bertujuan menjaga budaya tradisional sebagai warisan masyarakat melayu dan juga dapat dijadikan salah satu ikon wisata.

"Ini juga dapat menumbuhkembangkan serta mempererat semangat gotong royong di dalam masyarakat,” ucapnya.

Mahdi mengajak masyarakat dan berbagai pihak untuk terus merawat tradisi tersebut. Hal itu juga dapat membuat warga di perantauan rindu akan kampung halaman.

"Mari bersama kita jaga tradisi sejak zaman-berzaman ini, dari generasi ke generasi," ajak Mahdi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kepulauan Meranti Ery Suhairi melaporkan festival tahunan tersebut diikuti 13 peserta lampu colok, dan 25 peserta lampu hias.

"Kita menyiapkan total hadiah Rp 36 juta untuk para pemenang," sebut Ery. (Amr)

Berita Lainnya

Index