Kemenpan RB Setujui Usulan 110.553 CPNS dan CPPPK dari Kemenag

Kemenpan RB Setujui Usulan 110.553 CPNS dan CPPPK dari Kemenag
Ilustrasi -net

iniriau.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyetujui 110.553 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK)  untuk Kementerian Agama (Kemenag) pada tahun ini. Formasi itu terdiri dari 20.772 untuk CPNS dan 89.781 untuk CPPPK.

Persetujuan itu lebih kecil dari permintaan Kemenag. Sebelumnya Kemenag mengajukan 151.489 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Jumlah formasi itu terdiri dari 61.708 formasi CPNS dan 89.781 formasi CPPPK. 

Meski begitu, jumlah yang disetujui sebanyak 110.553 formasi tersebut merupakan formasi tersebar yang pernah diberikan oleh Kemenpan RB dalam enam tahun terakhir.

"Tahun ini porsinya gede banget. Belum tentu tahun yang akan datang ada porsi yang segede ini. Dalam sejarah enam tahun terakhir, ini yang paling gede," kata Menpan RB, Abdullah Azwar Anas dilansir dari laman resmi Kemenag pada Senin, 1 Maret 2024.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan alasan soal kebutuhan formasi ASN yang banyak di Kemenag. Pertama, karena banyaknya ASN Kemenag yang memasuki usia pensiun. 

"Pegawai kami yang memasuki usia pensiun pada 2024 sampai 2028 itu ada 48.991 ASN. Nah ini tentu menjadi konsen kami terkait usia pensiun pada rentang empat tahun ke depan,” kata Yaqut.

Selain itu, ada pemekaran wilayah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, kota, sampai kecamatan. Alasan ketiga, karena beberapa program alih status penegerian dan madrasah, dan sekolah-sekolah lain di bawah naungan Kemenag.**

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index