25-27 Maret, BI dan Perbankan Adakan Layanan Penukaran Uang Bersama

25-27 Maret, BI dan Perbankan Adakan Layanan Penukaran Uang Bersama

Iniriau.com, Pekanbaru - Dalam rangka Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Semarak) 1445 Hijriah, Bank Indonesia dan perbankan mengadakan layanan penukaran uang bersama bagi masyarakat Pekanbaru mulai dari tanggal 25-27 Maret 2024 bertempat di halaman samping Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Senin (25/03). Selain bisa melakukan penukaran uang Rupiah baru, masyarakat juga mendapatkan edukasi tentang Cinta, Bangga dan Paham Rupiah.

Berbeda dari tahun sebelumnya, layanan penukaran uang bersama kali ini lokasinya dibuat sedemikian rupa sehingga masyarakat yang melakukan penukaran merasa aman dan nyaman. Dimana, Bank Indonesia menyiapkan telah sebanyak 8 loket perbankan dan 4 unit mobil keliling guna melayani masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang Rupiah baru terutama untuk pecahan kecil.

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad mengatakan, salah satu tugas Bank Indonesia yakni Menjamin ketersediaan uang rupiah dalam jumlah yang cukup dan layak edar bagi masyarakat. Dirinya juga berharap, masyarakat bisa berbelanja dengan bijak di bulan suci ramadhan.

"Tahun ini, kami menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 6,031 triliun guna memenuhi ketersedian uang bagi masyarakat Riau. Berkaitan dengan penukaran uang pecahan kecil (UPK), lakukan penukaran ditempat resmi agar terhindar dari peredaran uang palsu dan biaya tambahan. Selain itu, kami juga berharap masyarakat bisa berbelanja dengan bijak karena ini kan bulan suci ramadhan yang penuh berkah," Ungkap Panji Achmad kepada Iniriau.com, Senin (25/03).

Masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang Rupiah baru, harus membawa KTP dan mengisi website pintar.bi.go.id terlebih dahulu. 
Dimana, penukaran uang Rupiah baru hanya dibatasi sebanyak Rp 4.000.000 per orang dengan beraneka nominal.

Sementara itu, salah seorang warga Pekanbaru bernama Nabila mengaku, Ia mendapatkan informasi layanan penukaran uang Rupiah baru melalui Instagram Bank Indonesia Provinsi Riau. Selain cepat dan mudah, layanan penukaran uang bersama BI dan perbankan bebas biaya dan terjamin keasliannya.

"Saya dapat info penukaran uang Rupiah baru dari Instagram BI, pokoknya setiap tahun pasti ikut penukaran uang bersama BI. Karena selain cepat dan gak ribet, penukaran uang di BI terjamin keasliannya dan tidak dipungut biaya tambahan. Kan kalau nukar uangnya di pinggir jalan, kita yang rugi dong," Sebut Nabila.

Sembari menunggu antrian, masyarakat diberikan edukasi tentang Cinta, Bangga dan Paham Rupiah yakni mulai dari sejarah uang Rupiah, desain uang Rupiah hingga keaslian uang Rupiah. Sedangkan bagi masyarakat yang belum terlayani, nantinya masih bisa melakukan Penukaran uang Rupiah baru hingga tanggal 5 April 2024 di sejumlah unit/cabang perbankan yang ada di Riau serta layanan kas keliling BI. **

Berita Lainnya

Index