Raja Hutan Tebar Teror, Ternak Warga di Siak Mati Diterkam

Raja Hutan Tebar Teror, Ternak Warga di Siak Mati Diterkam
Ilustrasi -net

iniriau.com, SIAK - Konflik manusia dengan harimau masih terjadi di Siak. Seekor sapi warga milik warga bernama Yudi ditemukan pemiliknya mati dengan kondisi mengenaskan di kebun milik Sriana Purba, di Dusun 3 Kampung Paluh, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Minggu (3/3/2024) pagi.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan tim Animal Rescue Damkar BPBD Kabupaten Siak didampingi Babinsa, Intel Polsek Siak, Penghulu Kampung Paluh Suprayitno, langsung turun melakukan investigasi di tempat ditemukan sapi mati tersebut.

Tim menemukan banyak jejak tapak hewan buas itu terlihat di sekitar kebun kelapa sawit, tempat ditemukan sapi yang diterkam harimau tersebut. Bahkan Bekas gigitan taring harimau juga membekas di leher sapi malang itu.

“Kami menemukan banyak jejak Harimau Sumatera dan ada bekas gigitan taring di leher sapi tersebut, sehingga kami bisa menyampaikan sapi ini dimangsa harimau,” kata tim Animal Rescue Damkar BPBD Siak Irwan Prayatna, Minggu (3/3/2024).

Untuk itu tim BBKSDA Riau langsung memasang dua kamera trap, untuk memantau aktivitas sinraja hutan tersebut.

Irwan juga mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, diimbau tidak ke kebun sendirian dan hindari di waktu pagi dan sore hari.

“Apalagi di waktu gerimis. Kemudian, kami juga ingatkan warga yang punya hewan ternak, agar memasukkan hewannya di kandang yang aman, jangan dilepas liarkan,” katanya.**

 

#Hukrim

Index

Berita Lainnya

Index