Remaja untuk Lebih Cerdas Memerhatikan Produk Kecantikan

Remaja untuk Lebih Cerdas Memerhatikan Produk Kecantikan
ilustrasi produk kecantikan

Iniriau.com – Belakangan ini beberapa produk perawatan kecantikan banyak ditawarkan di media sosial. Padahal, tidak sedikit dari produk tersebut mengandung bahan berbahaya dan tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sayangnya, beberapa produk itu banyak yang digunakan para remaja. Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Dra. Rr. Maya Gustina Andarini, Apt., M.Sc. menjelaskan, jika remaja tidak menggunakan kosmetik dengan bijak sejak dini dapat memberikan dampak berbahaya di kemudian hari.

Dia pun memberikan saran kepada para remaja untuk cerdas memerhatikan produk kecantikan yang mereka beli. Beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya dari kemasannya. Remaja harus jeli melihat nama dan alamat lengkap dari produsen label tersebut.

"Di label harus lengkap, misalnya PT X, alamatnya Bandung, Indonesia itu enggak boleh. Harus lengkap PT X di jalan ini, Bandung Jawa Barat, karena konsumen punya hak untuk mengetahui itu," kata dia di Balai Kartini, Jakarta, Senin 13 Agustus 2018.

Selain itu, dalam kemasan juga harus tertulis lengkap komposisi bahan, izin edar dan tanggal kedaluarsa. Dia menyatakan, tanggal kedaluarsa dihitung dengan masa pemakaian setelah produk tersebut dibuka.[IRC/viva.co]

Berita Lainnya

Index