2024, BI Riau Optimis Pertumbuhan Ekonomi Riau Meningkat

2024, BI Riau Optimis Pertumbuhan Ekonomi Riau Meningkat

Iniriau.com, Pekanbaru - Dalam rangka mempererat hubungan silaturahim, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau mengadakan kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) tahun 2024 sekaligus perkenalan dengan Kepala BI Riau yang baru yakni Panji Achmad. BI Riau memprediksikan, pertumbuhan ekonomi Riau tahun 2024 meningkat dikisaran angka 4,3 hingga 4,8 persen.

Kegiatan Bincang Bareng Media kali ini, mengambil topik Perkembangan Makroekonomi Regional Provinsi Riau yang dipaparkan langsung oleh Kepala Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad. Namun sebelum memulai pemaparan singkatnya, Panji Achmad memperkenalkan diri dan bernostalgia karena beliau dulunya pernah tinggal di Pekanbaru pada tahun 1988.

"Saya merupakan salah satu saksi hidup perkembangan Provinsi Riau terutama dari segi infrastruktur dan perekonomian. Soalnya saya dulu pernah tinggal di Pekanbaru, pada tahun 1988. Meski hanya setahun di Pekanbaru, tapi saya masih ingat betul kondisi dan suasana disini. Ternyata setelah hampir 35 tahun meninggalkan Pekanbaru, perkembangannya kini sungguh sangat luar biasa. Dulu Pekanbaru ini masih hutan-hutan, sekarang sudah jadi mall dan perumahan elit," sebut Panji Achmad.

Selanjutnya, Panji Achmad memberikan pemaparan terkait perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau sepanjang tahun 2023 lalu.

"Pada tahun 2023 lalu, pertumbuhan ekonomi Riau tumbuh solid dan berada di angka 4,21 persen. Meski pertumbuhan ekonomi Riau sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu yakni sebesar 4,55 persen, namun PDRB Provinsi Riau berada di urutan 6 nasional," ungkap Panji Achmad.

Ketika ditanya terkait pelaksanaan Pemilu 2024 terhadap dampak ekonomi dan inflasi di Riau, Panji Achmad optimis bahwa perekonomian Riau akan terus meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2023. Selain itu, inflasi Riau diprediksi tetap terkendali meski Riau sangat bergantung terhadap sejumlah daerah produsen.

"Pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 lalu, sedikit banyak memberikan dampak positif terhadap inflasi dan pertumbuhan ekonomi Riau. Hal tersebut, tentunya sejalan dengan pelaksanaan Pemilu pada periode sebelumnya. Selain itu, harga TBS Kelapa Sawit masih cukup stabil yang berada diangka Rp 2.658,36/Kg sehingga diharapkan dapat menopang ekonomi Riau ke depan. BI Riau memprediksikan, bahwa pertumbuhan ekonomi Riau tahun 2024 nanti akan tetap membaik meski hanya tumbuh tipis dikisaran 4,3 hingga 4,8 persen," Pungkasnya.

Melalui kesempatan ini, Panji Achmad juga memberikan informasi bahwa jika nanti Ibu Kota Negara (IKN) telah beroperasi maka Kantor Bank Indonesia yang kini berpusat di Jakarta juga akan ikut pindah. Karena rencananya, seluruh kantor kementerian dan lembaga serta pusat pemerintahan akan dipindah ke IKN. **

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index